ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG BERSINYAL (Jalan Panjang-Jalan Kedoya Jakarta Barat) DENGAN METHODE MKJI 1997

LESMANA, KIKI (2018) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG BERSINYAL (Jalan Panjang-Jalan Kedoya Jakarta Barat) DENGAN METHODE MKJI 1997. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3.LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5.KATA PENGANTAR.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6.DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7.DAFTAR TABEL.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9.BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB II)
10.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
11.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (BAB IV)
12.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB)
[img] Text (BAB V)
13.BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.DAFRAT PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Title: Performance Analysis of Simpal Signal (Long Road - Kedoya Street West Jakarta) By Using MKJI Method 1997. Compiled by: Kiki Lesmana, NIM: 41114010014, Supervisor: Ir Alizar MT. West Jakarta is a city famous for its population density. Transportation is one of the important organs for residents living in this city. Talking about the existing transportation in this city is nothing but not sure will be connected with the congestion that occurred. Therefore, this final project is aimed at analyzing the performance of signalized intersections on one of the roads in the capital city of Jakarta, namely at Jalan Panjang - Jalan Kedoya West Jakarta by providing an alternative The method used with this research is the method of Manual of Capacity of Road Indonesia 1997 (MKJI-1997) which includes analysis of intersection capacity, length of queue, system phase and delay. Data obtained by conducting surveys on traffic volume, cycle time and geometric junctions and the volume and velocity of the main road segment is Jalan Panjang. Result of existing data analysis, obtained Level Of Service (LOS) F which mean high delay value, showing long cycle time and high vehicle ratio indicated from its cyclical time extension that is 185 seconds (3 minutes 26 seconds) with 2 phase traffic with value of degree of saturation (DS) is 2.07 which has exceeded the number indicated by MKJI 1997 that is less than 0.85. There are two problem solving alternatives used in the research that are problem solving alternatives by reducing side obstacles, changing traffic cycle time, and direct turning stop & combination of side barrier reduction and changing of traffic light cycle, no direct right turn and widening Street. The indicator in assessing the performance of the intersection is seen from the delay of the intersection. From these alternatives it turns out to change the level of service to be quite good than ever. Keywords: MKJI, Signal Signal, Roads, Level Of Service, Signal Signal Performance and Road Section. Judul :Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Jalan Panjang – Jalan Kedoya Jakarta Barat) Dengan Mengunakan Metode MKJI 1997. Disusun oleh : Kiki Lesmana, NIM : 41114010014, Dosen Pembimbing :Ir Alizar MT. Jakarta Barat adalah sebuah kota yang terkenal akan kepadatan penduduknya. Transportasi adalah salah satu organ penting bagi penduduk yang tinggal dikota ini. Membicarakan transportasi yang ada dikota ini tidak lain tidak bukan pasti akan disangkutpautkan dengan kemacetan yang terjadi. Maka dari itu Tugas Akhir ini diambil bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang bersinyal pada salah satu jalan di ibukota Jakarta ini yaitu di Jalan Panjang – Jl Kedoya Jakarta Barat dengan memberikan alternatif Adapun metode yang digunakan dengan dalam penelitian ini adalah metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI-1997) yang meliputi analisa terhadap kapasitas persimpangan, panjang antrian, system fase serta tundaan. Data didapat dengan melakukan survey terhadap volume lalu lintas, waktu siklus dan geometrik persimpanganserta volume dan kecepatan pada ruas jalan utama yaitu Jalan Panjang Hasil analisis data eksisting, didapatkan Level Of Service (LOS) F yang berarti nilai tundaan yang tinggi, menunjukan waktu siklus yang panjang dan rasio kendaraan yang tinggi ditunjukan dari panjangannya waktu siklus yaitu 185 detik (3 menit 26 detik) dengan 2 fase lalu lintas dengan nilai derajat kejenuhan (DS) yaitu 2,07 yang sudah melebihi angka yang diisyaratkan oleh MKJI 1997 yaitu kurang dari 0,85. Terdapat dua alternatif pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian yaitu alternatif pemecahan masalah dengan mengurangi hambatan samping, perubahan waktu siklus lampu lalu lintas, dan dilarang belok kanan langsung & kombinasi antara pengurangan hambatan samping serta perubahan waktu siklus lampu lalu lintas, dilarang belok kanan langsung serta pelebaran jalan. Indikator dalam menilai kinerja simpang dilihat dari tundaan simpang. Dari alternative tersebut ternyata bisa merubah level of service menjadi cukup baik dari sebelumnya. Kata kunci : MKJI, Simpang Bersinyal, Ruas Jalan, Level Of Service, Kinerja Simpang Bersinyal dan Ruas Jalang.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 19 020
NIM: 41114010014
Uncontrolled Keywords: MKJI, Simpang Bersinyal, Ruas Jalan, Level Of Service, Kinerja Simpang Bersinyal dan Ruas Jalang.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.1 Roads/Jalan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.8 Artificial Road Surfaces/Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.4 City Planning/Tata Kota > 711.41 Plans based on Street Patterns/Rencana berdasarkan Pola Jalan Tata Kota
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 721 Architectural Structure/Struktur Arsitektur
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 15 Nov 2018 02:47
Last Modified: 10 Oct 2019 07:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/45601

Actions (login required)

View Item View Item