MUTU DARI METODE SAND CONE TEST PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN KERETA API LINTAS SUMATERA, LANGSA-BESITANG KM. 441+000 S/D 444+000 (BSL 10)

DWIJAYANTO, DIYOGA ALFAHRI (2018) MUTU DARI METODE SAND CONE TEST PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN KERETA API LINTAS SUMATERA, LANGSA-BESITANG KM. 441+000 S/D 444+000 (BSL 10). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
lembar pengesahan kp.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (BAB VII)
BAB VII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (BAB VIII)
BAB VIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)

Abstract

Kereta api merupakan salah satu moda transportasi unggulan di berbagai negara untuk melakukan distribusi jasa dan barang. Untuk mobilisasinya, kereta api memerlukan lintasan tersendiri yang mana kita sebut sebagai jalan rel kereta api. Terdiri dari komponen utama, seperti subgrade, subbalas, balas, bantalan dan rel. Dalam merancang struktur jalan rel, perlu diperhitungkan rancangan struktur jalan rel yang mempunyai tingkat kestabilan tinggi, agar tidak mengalami penurunan tanah yang ekstrim akibat beban dan kecepatan yang dapat membahayakan pengguna kereta api.Komponen balas yang menerima aliran beban dari rel dan bantalan, cukup sering dijadikan objek penelitian. Ketebalan balas pada penelitian ini dimodelkan bervariasi, yaitu: 30 cm, 40 cm dan 50 cm dengan variasi kecepatan (v) 80 km/jam, 100 km/jam dan 120 km/jam. Dalam pemodelan ini digunakan data sekunder untuk selanjutnya dianalisis menggunakan program Plaxis versi 8.2. Output program berupa data besaran deformasi vertikal yang dihasilkan oleh beban akibat kecepatan kereta api menggunakan metode pembebanan siklik (cyclic loads). Pembebanan siklik adalah peningkatan/pengurangan beban pada suatu objek secara bertahap dalam batas tertentu sehingga menghasilkan satu/beberapa siklus/putaran. Penerapan beban siklik sebanyak dua siklus dengan tinjauan 10 titik menunjukkan deformasi vertikal terbesar pada subgrade (tinjauan pada titik J) sebesar 0.07 m, sedangkan deformasi vertikal terkecil diperoleh pada pinggir subbalas (tinjauan pada titik G) sebesar 0.0016 m. Diperoleh juga, balas dengan ketebalan 40 cm dan 50 cm lebih mampu memperkecil deformasi yang diterima akibat laju kereta api dibanding variasi ketebalan balas 30 cm. Kata kunci: rel, balas, beban siklik, kereta api, pemodelan numerik

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 41115010045
Uncontrolled Keywords: rel, balas, beban siklik, kereta api, pemodelan numerik
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api > 385.5 Narrow-Gage and Special-Purpose Railroads/Kereta Apri dan Tujuan Khusus
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.7 Plans for Transportation Facilities/Perencanaan untuk Fasilitas Transportasi > 711.75 Railroad Transportation Facilities/Fasilitas Transportasi Kereta Api
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 06 Nov 2018 01:42
Last Modified: 06 Nov 2018 01:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/45400

Actions (login required)

View Item View Item