ANALISIS STRATEGI WORD OF MOUTH PADA MAYASI RESTO

SYAFRUDDIN, MUHAMMAD WIRAHAFIZH (2018) ANALISIS STRATEGI WORD OF MOUTH PADA MAYASI RESTO. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5. Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan Perbaikan Skripsi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
6. Kata Pengantar.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
7. Daftar Isi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
8. Daftar Lampiran.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)

Abstract

Cara yang paling sering digunakan oleh konsumen untuk merekomendasikan suatu produk yang memberikan kepuasan kepada mereka, yaitu dengan cara menyampaikannya dari mulut ke mulut (word-of-mouth). Fenomena word of mouth diyakini bisa mendorong pembelian oleh konsumen, bisa mempengaruhi komunitas, efisien karena tidak memerlukan budget yang besar (low cost), bisa menciptakan image positif bagi produk, dan bisa menyentuh emosi konsumen. WOM dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu pertama, organic word of mouth. Organic word of mouth adalah WOM yang terjadi secara alami, orang yang merasa puas pada sebuah produk akan membagi antusiasme mereka. Kedua, adalah amplified word of mouth. Amplified word of mouth adalah WOM yang terjadi karena di desain oleh perusahaan. Fenomena word of mouth juga terjadi di salah satu usaha kuliner yang berpusat di Bandung, Jawa Barat, yaitu Mayasi Resto besutan PT. Ichi Group. Mayasi Resto pertama kali dibuka pada tahun 2007, dan sampai tahun 2018 ini telah memiliki 33 gerai yang tersebar di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Fenomena word of mouth ini yang membuat usaha ini berkembang dengan pesat dan berhasil. Mayasi Resto dalam penelitian ini menggunakan kedua teknik WOM, yaitu organic dan amplified. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis teknik word of mouth yang diterapkan oleh Mayasi Resto dengan menggunakan landasan teori word of mouth menurut Andy Sernovitz dalam bukunya yang berjudul Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber. Hasil penelitian ini membahas mengenai STP, SWOT, Bauran Promosi, Two- Step Flow Model Communication, serta teknik Word of Mouth yang digunakan oleh Mayasi Resto. Dengan demikian, peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai strategi word of mouth dari Mayasi Resto untuk menarik dan mempertahankan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Mayasi Resto telah mengimplementasikan kedua teknik Word of Mouth yang dikemukakan oleh Andy Sernovitz, yaitu Organic dan Amplified dengan sangat baik, sehingga berdampak pada meningkatnya penjualan. Kata kunci: word of mouth, Mayasi Resto, organic word of mouth, amplified word of mouth

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 18 028
NIM: 44314010013
Uncontrolled Keywords: word of mouth, Mayasi Resto, organic word of mouth, amplified word of mouth
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 381 Commerce, Trade/Perdagangan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 381 Commerce, Trade/Perdagangan > 381.1 Retail Trade/Perdagangan Ritail, Pasar
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:00
Last Modified: 02 Oct 2018 06:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/44390

Actions (login required)

View Item View Item