MAKNA NAGA DALAM IKLAN TELEVISI SUSU BEAR BRAND (Kajian Analisis Semiotika dengan pendekatan Charles Sanders Peirce)

NURHAYATI, SITI (2017) MAKNA NAGA DALAM IKLAN TELEVISI SUSU BEAR BRAND (Kajian Analisis Semiotika dengan pendekatan Charles Sanders Peirce). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text (BAB II)
04.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB III)
05.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text (BAB IV)
06.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (BAB V)
07.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Periklanan yang efektif adalah yang mampu menghasilkan iklan yang kreatif. Salah satunya penggunaan unsur budaya yang dapat dijadikan konsep ide menarik. Seperti dalam penelitian ini yang membahas tentang penggambaran Naga dalam iklan televisi susu Bear Brand yang diproduksi oleh PT. Nestlé Indonesia. Dalam iklan tersebut, tampak terlihat adanya unsur budaya Tionghoa yang dimasukan dalam tampilan iklan. Konsep kreatifitas iklan dijelaskan dalam penelitian ini, sebagaimana pengiklan menciptakan ide-ide kreatif untuk mengkomunikasikan pesan dari produk yang diiklankannya. Paradigma dalam penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, yang dimana peneliti berupaya untuk menginterpretasikan konstruksi-konstruksi dari iklan susu Bear Brand dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif, dengan kajian teori semiotika Charles Sanders Peirce. Pada hasil penelitian ini, peneliti membahasnya berdasarkan klasifikasi jenis-jenis tanda Peirce, pada tiap bagian scene yang kemudian dimaknai dari objeknya, interpretasinya, dan representasinya. Setelah dianalisa, peneliti melakukan pembahasan dengan menjelaskan hasil tanda-tanda dalam iklan, berdasarkan objek dari ikon, indeks, dan simbol. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, iklan susu Bear Brand ingin menyampaikan pesan dari produknya dengan menggambarkan kekuatan Naga sebagai manfaat yang didapat dari susu ini. Penggambaran Naga dari segi audio, visual, dan musik, berdasarkan budaya Tionghoa. Hal inilah, yang membuat peneliti menyarankan agar tampilan iklan susu tersebut tidak terlalu fokus pada salah satu budaya, agar tidak terjadinya kecemburuan sosial. Kata kunci: iklan televisi, kreatifitas iklan, kekuatan Naga, budaya Tionghoa, semiotika Charles Sanders Peirce

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 17 101
NIM: 44311010010
Uncontrolled Keywords: iklan televisi, kreatifitas iklan, kekuatan Naga, budaya Tionghoa, semiotika Charles Sanders Peirce
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 21 Aug 2018 07:49
Last Modified: 21 Aug 2018 07:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/44161

Actions (login required)

View Item View Item