MASRIA, SHEILA (2017) EVENT INTERNATIONAL BLOGGERS TRIP 2015 SEBAGAI IMPLEMENTASI STRATEGI PROMOSI PARIWISATA INDONESIA DALAM MENARIK MINAT WISATAWAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstraksi.pdf Download (231kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
||
Text (BAB II)
4. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
||
Text (BAB III)
5. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
||
Text (BAB IV)
6. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
7. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Industri pariwisata bukan hanya tentang infrastruktur dan fasilitas kepariwisataan, namun juga tentang bagaimana pemerintah mempublikasikan serta menyebarluasakan informasi terkait destinasi-destinasi wisata yang ada di Indonesia. Pada tahun 2015 Kementerian Pariwisata Indonesia memiliki target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 12 juta. Special Event merupakan salah satu tools atau taktik yang digunakan oleh public relations untuk berkomunikasi dengan khalayaknya. Penyelenggaraan event harus memenuhi tujuan dan strategi komunikasi suatu perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang bagaimana dan mengapa Kementerian Pariwisata menggunakan event International Bloggers Trip 2015 sebagai Strategi Promosi Pariwisata Indonesia. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Kasus melalui tipe penelitan Deskriptif Kualitatif. Teknik Pengumpulan Data dengan wawancara mendalam narasumber dan penggunaan data sekunder. Hasil dari penelitian ini membahas tentang event International Bloggers Trip 2015 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata untuk memenuhi tujuan dari strategi promosi pariwisata Indonesia. Promosi pariwisata Indonesia pada media digital dilakukan dengan mengundang para travel blogger dunia untuk melakukan publikasi pengalaman mereka selama meakukan perjalanan di Indonesia. Peneltian ini menyimpulkan bahwa event International Bloggers Trip I2015 adalah salah satu kegiatan promosi yang menggunakan pengalaman pelanggan sebagai media promosinya. Pengalaman pelaggan pada event ini merujuk pada tipe cCGM atau Compesated Consumer – Generated Media karena event ini mengundang para travel blogger sebagai peserta famtrip, dan kemudian mereka mempublikasikan pengalaman mereka selama melakukan perjalanan wisata di Indonesia melalui akun media sosial yang mereka miliki. Keyword: Public Relations, Event, Strategi Poromosi.
Actions (login required)
View Item |