FAUZIAH, HANA NUR (2017) EFEK (KOGNITIF, AFEKTIF, KONATIF) TAYANGAN PROGRAM DUA HIJAB TRANS 7 TERHADAP MAHASISWI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG (Studi Survey Tayangan Program Dua Hijab Periode Mei-Juni 2017). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
HAL COVER.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (109kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
Abstract
Tayangan program Dua Hijab Trans 7 merupakan salah satu tayangan program magazine yang mengulas informasi mengenai trend gaya berpakaian dan berhijab. Tayangan ini bisa dijadikan sebagai salah satu referensi bagi para khalayak, khususnya remaja untuk berpenampilan menggunakan hijab secara trendy. Hal tersebut membuat ketertarikan bagi penulis untuk melakukan penelitian mengenai efek yang di dapat dari tayangan program Dua Hijab Trans 7, tujuan penulis melakukan penelitian ini ialah sejauh mana efek yang di dapat dari tayangan program Dua Hijab Trans 7 dalam merubah sikap khalayak. Teori efek media massa, memiliki peran penting dalam penelitian ini. Efek media massa yaitu Efek kognitif, efek afektif , dan efek konatif. Masing-masing ketiga efek ini memiliki hubungan antara satu sama lain. Jika semakin tinggi pengetahuan atau kognitif yang di dapat, maka semakin tinggi pengaruh efek afektif, semakin tinggi efek afektif yang di dapat maka semakin tinggi pula efek konatif yaitu perubahan sikap yang di dapat setelah menggunakan media massa. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplanatif, dengan menggunakan metode survey yang menggunakan kuesioner sebagai pengumpulan data. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan oleh penulis yaitu metode Simpel Random Sampling. Dan dengan analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Responden yang telah ditentukan 97 orang, dari mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tangerang. Penulis mengambil sampel tersebut, karena ingin mengetahui sejauh mana efek yang di dapat dari tayangan program dua hijab, dengan latar belakang responden merupakan keguruan dan ilmu pendidikan, dan juga ingin mengetahui apakah responden yang memiliki latar belakang keguruan tersebut, memerlukan trend gaya berpakaian dan hijab atau tidak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa efek kognitif yang diperoleh yaitu cukup positif para responden memiliki efek kognitif sebanyak 60 atau 61%, efek afektif 61 atau 63% dengan kategori cukup positif, serta efek konatif 56 atau 58% dengan kategori cukup positif. Pada tabel korelasi pearson product moment yang telah dibuat antara efek kognitif dan efek afektif nilai sig sebesar 0.00, dan nilai α yaitu 0.01, hasil yang diperoleh yaitu sig = 0,00 < α = 0.01 sehingga di tolak. Maka artinya, ada hubungan antara efek kognitif dengan efek afektif. Dan pada tabel korelasi antara efek afektif dan efek konatif nilai sig sebesar 0.00, dan nilai α yaitu 0.01, hasil yang diperoleh yaitu sig = 0,00 < α = 0.01 sehingga di tolak. Maka artinya, ada hubungan antara efek afektif dengan efek konatif
Actions (login required)
View Item |