NOVELIA, ELIZA (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PT. KERETA COMMUTER INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN COMMUTERLINE DI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
03.ABSTRAK.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02.LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PENGESAHAN BERBAIKAN, LEMBAR TANDA LULUS SIDANG.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
04.KATA PENGANTAR.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
05.DAFTAR ISI.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
06.DAFTAR TABEL.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
07.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
08.DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (36kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
09.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
Text (BAB II)
10.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
||
Text (BAB III)
11.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
||
Text (BAB IV)
12.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) |
||
Text (BAB V)
13.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) |
Abstract
ABSTRACT The problem that became the background of this research is the growth of population and private vehicles in high urban areas not accompanied by the growth of roads causing congestion. In addition, Jakarta is also ranked lower in the level of public transport users according to the Sustainable Cities Mobile Index 2017. Commuterline comes with all its advantages to meet the needs of the community with high mobility. The task of KCI is how to communicate the information and advantages of the Commuterline to the public to raise awareness of using Commuterline in Jakarta. The purpose of this research is to describe how communication strategy conducted by PT. Kereta Commuter Indonesia train in raising public awareness in using Commuterline. The theory used in this research is external communication where PT. Kereta Commuter Indonesia communicate with target audiences outside the organization to foster good relationships and achieve organizational goals. This research uses qualitative method - case study. The primary data collection techniques using in-depth interviews and literature study as well as direct observation. Based on data analysis conducted, the results at stage 1) Know the audience of PT. Kereta Commuter Indonesia classifies audiences based on needs, age, and situations and conditions 2) The theme is "Best Choice For Urban Transport" with cheap, fast and secure message content 3) The methods used are informative and educative, 4) media which used outdoor media neon box, outdoor banner, street furniture, billboards. advertising billboards, banners and media in indoor spaces banners, posters, hanging banners, digital information, billboards, and social media. This research concludes that in the effort of communication strategy of PT. Kereta Commuter Indonesia in raising public awareness is good but also must be supported by other communication program so that not only at awareness stage but also stage change of behavior. Keyword: Communication Strategy, External Communication, Public Awareness ABSTRAK Permasalahan yang menjadi latar belakang dari penelitian ini adalah pertumbuhan jumlah penduduk dan kendaraan pribadi diperkotaan yang tinggi tidak dibarengi dengan pertumbuhan jalan sehingga menimbulkan kemacetan. Selain itu, juga Jakarta berada di peringkat bawah dalam tingkat pengguna transportasi umum menurut Sustainable Cities Mobile Index 2017. Commuterline hadir dengan segala keunggulannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan mobilitas tinggi. Tugas KCI adalah bagaimana mengkomunikasikan informasi serta keunggulan dari Commuterline tersebut kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran menggunakan Commuterline di Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan PT. Kereta Commuter Indonesia dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan Commuterline. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi eksternal dimana PT. Kereta Commuter Indonesia melakukan komunikasi dengan khalayak sasaran di luar organisasi untuk membina hubungan yang baik dan mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif – studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data primer menggunakan wawancara yang mendalam dan studi kepustakaan serta melakukan pengamatan langsung. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hasilnya pada tahap 1) Mengenal khalayak PT. Kereta Commuter Indonesia mengelompokkan khalayak berdasarkan kebutuhan, usia, serta situasi dan kondisi 2)Tema yang diusung adalah “Best Choice For Urban Transport” dengan isi pesan murah, cepat, dan aman, 3) Metode yang digunakan adalah informatif dan edukatif, 4) media yg digunakan media luar ruang neon box, outdoor banner, street furniture, baliho. billboard iklan, spanduk dan media dalam ruang indoor banner, poster, hanging banner, digital information, papan iklan, dan memanfaatkan sosial media. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam upaya strategi komunikasi PT. Kereta Commuter Indonesia dalam meningkatkan kesadaran masyarakat sudah baik namun juga harus didukung dengan program komunikasi lainnya agat tak hanya pada tahap kesadaran tapi juga tahap merubah prilaku. Keyword : Strategi Komunikasi, Komunikasi Eksternal, Kesadaran masyarakat
Actions (login required)
View Item |