Trisolvena, M. Nana (2013) PERBAIKAN LAYANAN JASA PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON (UMC) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN MAHASISWA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.
|
Text (Cover)
COVER.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (49kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
||
Text (Bab 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
||
Text (Bab 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
Text (Bab 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (Bab 6)
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
Abstract
Kualitas pelayanan adalah kunci penting bagi semua lembaga penyedia jasa pelayanan. Begitu juga dengan Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) yang merupakan lembaga yang menyediakan layanan jasa pendidikan tinggi di Wilayah Cirebon. Diperlukan komitmen kebijakan dari manajemen UMC untuk memberikan pelayanan yang memuaskan pada pelanggan UMC dalam hal ini mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan yang dilakukan oleh UMC dan membuat usulan perbaikan jasa pelayanan bagi UMC. Pada penelitian ini pengukuran kepuasan konsumen menggunakan metode ServQual dan matriks Importance- Performance Analysis (IPA). Metode Quality Function Deployment (QFD) digunakan untuk memperbaiki kualitas pelayanan untuk mencapai kepuasan pelanggan. Penelitian dilakukan menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Pengukuran kualitas layanan di UMC dengan menggunakan ServQual Secara umum menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa UMC terhadap layanan yang diberikan oleh UMC secara umuum adalah cukup puas. Akan tetapi berdasarkan analisis gap menunjukkan bahwa dari seluruh indikator layanan yang diberikan oleh UMC semuanya memiliki nilai gap negatif. Matriks IPA menunjukkan bahwa dari semua indikator layanan yang diberikan oleh UMC, ada beberapa indikator layanan yang menjadi prioritas untuk dilakukan perbaikan. Berdasarkan hasil ServQual dan IPA dilakukan proses perancangan perbaikan dengan menggunakan metode HOQ dengan menghasil beberapa karakteristik teknis prioritas perbaikan, yaitu dukungan teknologi informasi , kapasitas internet yang cukup, kebersihan lingkungan kampus, waktu operasional layanan administrasi yang konsisten dan waktu layanan perpustakaan yang konsisten.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-553-13-022 |
Call Number: | 53/MTI/2013/012 |
NIM/NIDN Creators: | 55311110017 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas layanan pendidikan, ServQual, IPA, QFD, HOQ. |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 360 Social Problems and Services/Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 369 Miscellaneous Associations/Aneka Ragam Perkumpulan > 369.5 Service Clubs/Perkumpulan Layanan 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api > 385.2 Activities and Services/Kegiatan dan Layanan |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Virda Syifa |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 01:50 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 03:32 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43459 |
Actions (login required)
View Item |