PERBAIKAN LAYANAN JASA PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON (UMC) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN MAHASISWA

Trisolvena, M. Nana (2013) PERBAIKAN LAYANAN JASA PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON (UMC) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN MAHASISWA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (Bab 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Kualitas pelayanan adalah kunci penting bagi semua lembaga penyedia jasa pelayanan. Begitu juga dengan Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) yang merupakan lembaga yang menyediakan layanan jasa pendidikan tinggi di Wilayah Cirebon. Diperlukan komitmen kebijakan dari manajemen UMC untuk memberikan pelayanan yang memuaskan pada pelanggan UMC dalam hal ini mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan yang dilakukan oleh UMC dan membuat usulan perbaikan jasa pelayanan bagi UMC. Pada penelitian ini pengukuran kepuasan konsumen menggunakan metode ServQual dan matriks Importance- Performance Analysis (IPA). Metode Quality Function Deployment (QFD) digunakan untuk memperbaiki kualitas pelayanan untuk mencapai kepuasan pelanggan. Penelitian dilakukan menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Pengukuran kualitas layanan di UMC dengan menggunakan ServQual Secara umum menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa UMC terhadap layanan yang diberikan oleh UMC secara umuum adalah cukup puas. Akan tetapi berdasarkan analisis gap menunjukkan bahwa dari seluruh indikator layanan yang diberikan oleh UMC semuanya memiliki nilai gap negatif. Matriks IPA menunjukkan bahwa dari semua indikator layanan yang diberikan oleh UMC, ada beberapa indikator layanan yang menjadi prioritas untuk dilakukan perbaikan. Berdasarkan hasil ServQual dan IPA dilakukan proses perancangan perbaikan dengan menggunakan metode HOQ dengan menghasil beberapa karakteristik teknis prioritas perbaikan, yaitu dukungan teknologi informasi , kapasitas internet yang cukup, kebersihan lingkungan kampus, waktu operasional layanan administrasi yang konsisten dan waktu layanan perpustakaan yang konsisten.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-553-13-022
Call Number: 53/MTI/2013/012
NIM/NIDN Creators: 55311110017
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan pendidikan, ServQual, IPA, QFD, HOQ.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 360 Social Problems and Services/Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 369 Miscellaneous Associations/Aneka Ragam Perkumpulan > 369.5 Service Clubs/Perkumpulan Layanan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api > 385.2 Activities and Services/Kegiatan dan Layanan
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 27 Aug 2018 01:50
Last Modified: 12 Jul 2022 03:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43459

Actions (login required)

View Item View Item