STRATEGI PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA OLEH AXIS GSM UNTUK MENCIPTAKAN ENGAGEMENT DENGAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Akun Twitter Milik Axis GSM)

SIREGAR, YURI HEIKAL (2012) STRATEGI PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA OLEH AXIS GSM UNTUK MENCIPTAKAN ENGAGEMENT DENGAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Akun Twitter Milik Axis GSM). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)

Abstract

Dunia teknologi informasi dan komunikasi melalui internet berevolusi dan menciptakan sebuah media baru bernama social media dan salah satunya adalah twitter. Dengan adanya aktifitas komunikasi yang tinggi dan stabil lalu muncul istilah yang dinamakan engagement. Hal inilah yang kemudian menyebabkan banyak perusahaan mulai menggunakan social media termasuk AXIS GSM. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi penggunaan social media twitter oleh AXIS GSM untuk menciptakan engagement dengan konsumen. Beberapa teori yang dijadikan sebagai dasar dalam Tesis ini adalah New Media Theory, Digitalization and Convergence, Media Richness Theory dan juga Digital Cultures. Penelitian menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Peneliti mendapatkan data melalui wawancara mendalam dengan tiga (3) orang key informant yang terkait dengan topik dan merupakan ahli di bidangnya serta melalui observasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa strategi penggunaan social media AXIS GSM, dalam konteks ini twitter, sangat berbeda dengan strategi komunikasi pemasaran pada umumnya. Strategi social media menjadi saluran komunikasi baru, memperkuat komunikasi pemasaran juga menciptakan sebuah hubungan tingkat tinggi dengan konsumen layaknya sebuah persahabatan. Engagement adalah hal paling utama dalam pencapaian objektif AXIS GSM. Menjadi “manusia” dan memposisikan sejajar dengan pengguna adalah dasar dari strategi social media AXIS GSM. Evolusi strategi tetap perlu dilakukan dan kelak akan menciptakan sebuah social media mix yang semakin kaya untuk memperkuat komunikasi secara keseluruhan dalam mencapai objektif dan tujuan dari perusahaan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-12-002
Call Number: 52/CMC/2012/07
NIM/NIDN Creators: 55210120036
Uncontrolled Keywords: CORCOM, Korporate Komunikasi dan Komunikasi Pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 27 Aug 2018 02:40
Last Modified: 20 Jul 2022 03:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43300

Actions (login required)

View Item View Item