SIREGAR, YURI HEIKAL (2012) STRATEGI PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA OLEH AXIS GSM UNTUK MENCIPTAKAN ENGAGEMENT DENGAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Akun Twitter Milik Axis GSM). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
COVER.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (181kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
Text (Bab 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
Text (Bab 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
||
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
||
Text (Bab 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
Abstract
Dunia teknologi informasi dan komunikasi melalui internet berevolusi dan menciptakan sebuah media baru bernama social media dan salah satunya adalah twitter. Dengan adanya aktifitas komunikasi yang tinggi dan stabil lalu muncul istilah yang dinamakan engagement. Hal inilah yang kemudian menyebabkan banyak perusahaan mulai menggunakan social media termasuk AXIS GSM. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi penggunaan social media twitter oleh AXIS GSM untuk menciptakan engagement dengan konsumen. Beberapa teori yang dijadikan sebagai dasar dalam Tesis ini adalah New Media Theory, Digitalization and Convergence, Media Richness Theory dan juga Digital Cultures. Penelitian menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Peneliti mendapatkan data melalui wawancara mendalam dengan tiga (3) orang key informant yang terkait dengan topik dan merupakan ahli di bidangnya serta melalui observasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa strategi penggunaan social media AXIS GSM, dalam konteks ini twitter, sangat berbeda dengan strategi komunikasi pemasaran pada umumnya. Strategi social media menjadi saluran komunikasi baru, memperkuat komunikasi pemasaran juga menciptakan sebuah hubungan tingkat tinggi dengan konsumen layaknya sebuah persahabatan. Engagement adalah hal paling utama dalam pencapaian objektif AXIS GSM. Menjadi “manusia” dan memposisikan sejajar dengan pengguna adalah dasar dari strategi social media AXIS GSM. Evolusi strategi tetap perlu dilakukan dan kelak akan menciptakan sebuah social media mix yang semakin kaya untuk memperkuat komunikasi secara keseluruhan dalam mencapai objektif dan tujuan dari perusahaan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-12-002 |
Call Number: | 52/CMC/2012/07 |
NIM/NIDN Creators: | 55210120036 |
Uncontrolled Keywords: | CORCOM, Korporate Komunikasi dan Komunikasi Pemasaran |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Virda Syifa |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 02:40 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:25 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43300 |
Actions (login required)
View Item |