KINERJA SISTEM PENGADAAN BARANG DAN JASA TURBIN GENERATOR PT CIKARANG LISTRINDO: DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD

Yasari, Miftahu Babil (2012) KINERJA SISTEM PENGADAAN BARANG DAN JASA TURBIN GENERATOR PT CIKARANG LISTRINDO: DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD. S2 thesis, universitas mercu buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
1Hal Cover.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstact.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
Bab I - Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB 2)
Bab II - Kajian Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab III - Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab IV - Data dan Analisis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab V - Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB 6)
Bab VI - Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)

Abstract

Kebutuhan listrik di Indonesia saat ini belum bisa terpenuhi secara maksimal baik untuk perorangan ataupun industri. Kekurangan daya juga dirasakan oleh industri-industri yang mendapatkan listrik dari PT. Cikarang listrindo dengan keterbatasan yang dimiliki. Sebagai penyuport pengadaan barang dan jasa, bagian Purchasing mempunyai tanggung jawab untuk bisa melayani dengan baik setiap permintaan yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sistem pengadaan barang dan jasa, mengetahui tingkat kepuasan dalam pelayanan, dan menentukan nilai kinerja Purchasing dengan pendekatan Balance Scorecard di bagian Purchasing. Metode yang digunakan adalah dengan metoda KPI (key performance indicator) untuk menganalisa data-data sekunder (data perusahaaan), statistik deskriptip untuk mengolah data primer yaitu hasil kuisioner, dan perbandingan Linked Purchasing dengan Balance Scorecard untuk menganalisa keterkaitan antara Purchasing dengan pendekatan Balance Scorecard. Keempat perspektif dalam balance scorecard yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses internal, dan pembelajaran & pertumbuhan dengan mengaitkan tahapan-tahapan kerja di Purchasing bisa menghasilkan penilaian kinerja secara rata-rata pertahun sebesar 80% tingkat pencapaian dalam memenuhi permintaan barang dan jasa dari total item yang diminta oleh user (peminta), sebagai informasi bahwa target yang diberikan adalah harus 100%. Selain itu tingkat kepuasan dari user yang meminta pengadaan barang dan jasa ke Purchasing menurut survei adalah memuaskan, sedang bila ditinjau dari supplier (pemasok) menunjukkan sangat puas terhadap kinerja Purchasing.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: 53/MTI/2012/014
NIM: 55310110019
Uncontrolled Keywords: Pengadaan Barang dan Jasa, Balance Scorecard, Kepuasan Pelanggan, service & goods providing, Balance Scorecard, Customer satisfaction.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 670 Manufacturing/Manufaktur, Pabrik-pabrik
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 19 Jun 2019 11:45
Last Modified: 19 Jun 2019 11:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43185

Actions (login required)

View Item View Item