MAKNA PESAN MOTIVASI DALAM IKLAN TOKOPEDIA VERSI MIMPI DIMULAI DARI TOKOPEDIA DI MEDIA ONLINE YOUTUBE (Studi Semiotika Ferdinand De Saussure)

DESITRINITA, INTAN (2018) MAKNA PESAN MOTIVASI DALAM IKLAN TOKOPEDIA VERSI MIMPI DIMULAI DARI TOKOPEDIA DI MEDIA ONLINE YOUTUBE (Studi Semiotika Ferdinand De Saussure). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Halaman Judul.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
03. Abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02.Lembar Persetujuan Skripsi, Tanda Lulus Sidang _ Pengesahan Perbaikan Skripsi.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
04. Kata Pengantar.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
05. Daftar Isi.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
06. Daftar Tabel.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
07. Daftar Gambar.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
08. Daftar Lampiran.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text (BAB II)
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text (BAB V)
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

Youtube merupakan variasi baru dalam beriklan audio visual. Keuntungannya adalah pengiklan dapat menyampaikan pesan secara lebih detail dan jelas mengingat durasi iklan dapat diatur lebih panjang. Hal ini memberikan kesempatan untuk para pengiklan memasukkan daya tarik lebih ke dalam iklan seperti unsur motivasi dalam iklan. Hal ini dilakukan oleh Tokopedia dalam iklannya yang berjudul „Mimpi Dimulai Dari Tokopedia‟ di media online Youtube. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui makna pesan motivasi pada iklan Tokopedia versi „Mimpi Dimulai Dari Tokopedia‟ di media online Youtube. Teori yang digunakan adalah teori Semiotika Ferdinand De Saussure yang menjelaskan bahwa tanda memiliki unsur yang saling berhubungan yaitu penanda (signifier) dan petanda (signified) , penanda yakni bunyi atau coretan bermakna, dan petanda yakni gambar atau konsep sesuatu dari penanda. Hubungan antara kedua konsep tersebut disebut signifikasi. Penelitian bersifat kualitatif serta menggunakan paradigma konstruktivis dan metode Semiotika Ferdinand De Saussure. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu pengamatan terhadap iklan sehingga makna dari pesan motivasi dapat terkonstruksi berdasarkan sudut pandang pemikiran peneliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa makna pesan motivasi dalam iklan terkonstruksi dari makna adegan dan makna narasi yang mengandung unsur motivasi dalam iklan. Dan makna pesan motivasi tersebut didasarkan pada teori motivasi kebutuhan oleh David mcClelland yang menjelaskan bahwa motivasi didasarkan pada kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan kekuasaan dan kebutuhan akan afiliasi/ keanggotaan. Tokopedia dalam iklannya menjadi penggerak untuk orang-orang yang memiliki mimpi dalam berbisnis. Kata kunci : Pesan motivasi dalam Iklan, Motivasi kebutuhan McClelland, Semiotika Ferdinand De Saussure

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 18 032
NIM/NIDN Creators: 44314010032
Uncontrolled Keywords: Pesan motivasi dalam Iklan, Motivasi kebutuhan McClelland, Semiotika Ferdinand De Saussure
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 05 Jun 2018 03:17
Last Modified: 22 Feb 2022 17:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43132

Actions (login required)

View Item View Item