POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN MURID (USIA 3, 5 TAHUN SAMPAI 6 TAHUN) DI THE ENGLISH GARDEN PURI INDAH JAKARTA BARAT DALAM PROSES PEMAHAMAN PHONICS (BUNYI) (Juli - November 2017)

SHOLIHAT, MARATUN (2018) POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN MURID (USIA 3, 5 TAHUN SAMPAI 6 TAHUN) DI THE ENGLISH GARDEN PURI INDAH JAKARTA BARAT DALAM PROSES PEMAHAMAN PHONICS (BUNYI) (Juli - November 2017). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
8. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB II)
9. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (BAB III)
10. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (BAB IV)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB V)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)

Abstract

Inggris sejak usia dini, namun sayangnya dibalik keberhasilan metode ini, terdapat beberapa kendala yang dialami baik oleh murid maupun guru. Tujuan peneliti dalam melakukan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi antara guru dan murid (Usia 3, 5 tahun – 6 tahun) di The English Garden Puri Indah Jakarta Barat dalam proses pemahaman Phonics (bunyi). Pada penelitian ini konsep komunikasi interpersonal yang digunakan adalah teori interaksi simbolik menurut George Herbert Mead yaitu menggambarkan bagaimana manusia menggunakan bahasa untuk membentuk suatu makna, bagaimana manusia menciptakan serta menampilkan dirinya sendiri dan bagaimana manusia menggunakan simbol untuk menciptakan masyarakat dengan cara bekerja sama dengan orang lain. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivis dengan tipe penelitian kualitatif deskriptif. Untuk metode penelitiannya adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipan kepada narasumber selama kurang lebih tiga bulan. Dari hasil penelitian bahwa pola komunikasi yang terbentuk pada kelas pertama adalah pola komunikasi primer, pola komunikasi pola komunikasi sekunder dan pola komunikasi sirkular. Sedangkan pola komunikasi antara guru dan murid yaitu pola komunikasi sebagai interaksi (dua arah) dan pola komunikasi sebagai atraksi (banyak arah). Sedangkan pola komunikasi pada kelas kedua yaitu kelas Ms Nana dan Joshua adalah pola komunikasi primer, pola komunikasi sekunder dan pola komunikasi linear. Sedangkan pola komunikasi antara guru dan murid yaitu pola komunikasi sebagai aksi (satu arah). Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan sebuah komunikasi suatu pengajaran bahasa inggris dengan metode phonics (bunyi) terdapat pada kelas pertama dimana pola komunikasi yang digunakan mampu membuat murid sesuai dengan standar pada level phonics tersebut. Terlebih lagi adanya peningkatan kemampuan murid dalam memahami bunyi tiap sound dengan pelafalan yang jelas dan peningkatan kemampuan membaca menulis dalam bahasa Inggris. Keywords: Pola Komunikasi Antara Guru dan Murid (Usia 3, 5 Tahun – 6 Tahun)

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 44215110112
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Antara Guru dan Murid (Usia 3, 5 Tahun – 6 Tahun)
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities/Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities/Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 25 May 2018 03:41
Last Modified: 25 May 2018 03:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42877

Actions (login required)

View Item View Item