PROFESIONALITAS PROSEDUR MEDIA ELEKTRONIK DALAM PEMBERITAAN

SUGARDA, BHAYU RAHARJA (2011) PROFESIONALITAS PROSEDUR MEDIA ELEKTRONIK DALAM PEMBERITAAN. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (Cover)
HAL COVER.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (Daftra Pustaka)
HAL DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Peran seorang Produser dalam pembeirtaan televisi nyaris tak diketahui publik, karena mereka bekerja di belakang layar. Pada kenyataannya, seorang Produser memiliki otoritas tertinggi saat siaran langsung sebuah program televisi. Bahkan seorang Produser juga bertanggung jawab atas segala hal yang masuk menjadi bagian tayangan program, mulai dari set studio hingga naskah yang dibaca Presenter. Penelitian ini fokus pada proses kognitif seorang Produser dalam mempersiapkan dan menjalani siaran langsung program pemberitaan televisi. Proses kognitif ini secara spesifik adalah proses seleksi yang dilakukan seorang Produser dalam menentukan apa yang bisa tayang dan tidak bisa tayang. Model dari proses seleksi dalam pemilihan berita telah dikembangkan Shoemaker dan Vos menggunakan teori 'Gatekeeping' atau penjaga pagar. Berdasarkan model ini, sejumlah elemen dianggap sangat berpengaruh dalam proses seleksi itu. Namun, hanya dua diantaranya yang berkaitan dengan profesionalisme yaitu Nilai-Sikap-Etika dan Sosialisasi Organisasi. Nilai-Sikap-Etika berkaitan dengan Kode Etik Jurnalistik. Sehingga profesionalisme diukur berdasarkan panduna perilaku Kode Etik Jurnalistik. Sedangkan profesionalisme Produser juga diukur menggunakan standar kinerja yang ditetapkan perusahaan tempatnya bekerja. Tolak ukur profesionalisme ini masuk ke dalam kategori Sosialisasi Organisasi. Metodologi yang digunakan adalah studi kasus dengan subyek penelitian para Produser dari program Apa Kabar Indonesia Pagi. Observasi lapangan dilakukan terhadap 4 (empat) Produser sebagai sumber utama dilakukan dalam kurun waktu 7 hari. Wawancara mendalam terhadap sumber utama dilakukan pasca observasi lapangan. Peneliti juga mewawancarai ketua IJTI (Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia) dan Manajer Talkshow TV One sebagai sumber kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Sosialisasi Organisasi yang ditanamkan manajemen kepada Produser program Apa Kabar Indonesia Pagi adalah kualitas produk dan kinerja program berdasarkan rating. Kedua hal ini menjadi ukuran profesionalitas Produser program Apa Kabar Indoensia Pagi di mata manajemen.

Item Type: Thesis (S2)
NIM: 55208120048
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 384 Communications Telemunications/Komunikasi Telekomunikasi > 384.3 Computer Communication/Komunikasi Komputer
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 725 Public Structures Architecture/Arsitektur Struktur Umum > 725.2 Commercial and Communication Buildings/Arsitektur Gedung Perdagangan dan Komunikasi > 725.23 Office and Communications Buildings/Bangunan Kantor Komunikasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 03 Jan 2019 08:01
Last Modified: 03 Jan 2019 08:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42685

Actions (login required)

View Item View Item