TWITTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KRISIS DALAM KONTEKS PENGHINDARAN KETIDAKPASTIAN OLEH KEMENTERIAN PARIWISATA

HIDAYAT, TAUFIK (2018) TWITTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KRISIS DALAM KONTEKS PENGHINDARAN KETIDAKPASTIAN OLEH KEMENTERIAN PARIWISATA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
0. HAL COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstraksi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)

Abstract

Sebuah studi komukasi krisis yang terkait dengan adanya serangan bom oleh serangan teroris di Jakarta. Kasus ini kemudian diangkat menjadi sebuah objek penelitian yang bertujuan untuk memahami bagaimana proses komunikasi krisis oleh sebuah lembaga kementerian negara, yaitu Kementerian Pariwisata. Penelitian ini di fokuskan pada salah satu sosial media resmi milik lembaga tersebut. yaitu Twitter. Penelitian ini difokuskan pada saat sebelum krisis terjadi, hingga pasca krisis. Data primer yang digunakan adalah hasil wawancara dengan menggunakan metode purposive interview, kemudian data ini akan dikonfirmasi dengan hasil data sekunder yaitu linimasa di twitter Kementerian Pariwisata dan studi pustaka. Dalam penelitan ini bertujuan untuk menjawab 2 (dua) pertanyaan utama, yaitu: 1) Bagaimana proses komunikasi krisis yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan kaitannya dengan data kunjungan wisatawan mancanegara, dan 2) Kaitannya dengan keseuaian konsep penghindaran ketidakpastian sebuah budaya negara dalam menghadapi krisis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi krisis melalui twitter yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata membawa pengaruh terhadap kunjungan wisatawan mancanegara, dan sesuai dengan konsep penghindaran ketidakpastian (uncertainty avoidance), sebuah budaya negara tidak sesuai sepenuhnya jika dikategorikan dalam nilai rendah atau sebaliknya, tergantung dari konteks-nya atau sudut pandang-nya, terlebih jika dilihat melalui sebuah lembaga negara dalam menangani sebuah krisis. Kata Kunci: Krisis, Sosial Media, Twitter, Budaya, Penghidaran Ketidakpastian

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/552. 18 008
NIM/NIDN Creators: 55214120080
Uncontrolled Keywords: Krisis, Sosial Media, Twitter, Budaya, Penghidaran Ketidakpastian
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 03 May 2018 02:58
Last Modified: 31 May 2024 08:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42421

Actions (login required)

View Item View Item