SAPUTRA, ANGGRENNA FENGKI (2017) ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI UMUM STUDI KASUS: ANTARA BUS TRANSJAKARTA DAN BUS METROMINI S 69 DARI CILEDUG KE BLOK M. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.Hal Cover.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.Abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03.Bab 1 .pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
||
Text (BAB II)
04.Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
||
Text (BAB III)
05.Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
||
Text (BAB IV)
06.Bab 4 .pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
||
Text (BAB V)
07.Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08.Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
Abstract
Keberagaman moda transportasi pada masa ini mengakibatkan kompetisi dalam pemilihan moda, sehingga akan ada moda yang sangat banyak digemari dan digunakan oleh pelaku perjalanan untuk mencapai suatu tempat sedangkan moda lainnya sedikit atau bahkan tak lagi diminati. Dalam kompetisi yang terjadi, maka perlu dilakukan peninjauan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda sehingga pihak yang terkait dapat mewujudkan sistem angkutan umum yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati prilaku pelaku perjalanan yang menggunakan angkutan umum Bus Transjakarta dan Bus Metromini trayek Ciledug ke Blok M agar diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaku perjalanan dalam melakukan pemilihan moda, guna memperoleh suatu model pemilihan moda yang dapat menjelaskan probabilitas pelaku perjalanan dalam memilih moda Bus Transjakarta dan Bus Metromini. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam tugas akhir ini adalah penelitian kuantitatif yang dihitung dengan menggunakan perhitungan regresi karena bertujuan melihat hubungan variabel respon pilihan pelaku perjalanan (Y) terhadap perubahan atribut selisih biaya perjalanan (X1), waktu perjalanan (X2) dan waktu keberangkatan masingmasing moda (X3). Dari hasil uji statistik yang telah dilakukan, didapatkan persamaan selisih utilitas antara kereta api dan bus adalah sebagai berikut: (UTJ-UMM) = 1.205 + 0.00.X1 + 0.15.X2 + 0.002.X3. Model pemilihan moda yang digunakan adalah model logit binomial: Probabilitas pemilihan moda Bus Transjakarta: PTJ = ( ) Probabilitas pemilihan moda Bus Metromini: PMM = 1 – PMM = ( ) Sehingga didapatkan hasil bahwa probabilitas pemilihan moda Bus Transjakarta lebih besar dari pada pemilihan modaBus Metromini. Perubahan yang dilakukan terhadap biaya perjalanan, waktu perjalanan, dan jarak waktu keberangkatan tidak mempengaruhi, karena masyarakat lebih memilih Bus Transjakarta sebagai moda untuk mencapai tujuannya. Kata kunci : Pemilihan moda, Analisis Regresi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/SIP. 18 088 |
NIM/NIDN Creators: | 41116110065 |
Uncontrolled Keywords: | Pemilihan moda, Analisis Regresi. |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.3 Vehicular Transportation/Transportasi kendaraan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 07:01 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 17:09 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42265 |
Actions (login required)
View Item |