STRATEGI MEDIA RELATION HUMAS DPR RI MELALUI TV PARLEMEN DALAM MENGENDALIKAN PEMBERITAAN TENTANG DPR RI (studi kasus pemilihan ketua dpr ri periode 2014-2019)

JANNAH, R. NOVI RAUDHATUL (2015) STRATEGI MEDIA RELATION HUMAS DPR RI MELALUI TV PARLEMEN DALAM MENGENDALIKAN PEMBERITAAN TENTANG DPR RI (studi kasus pemilihan ketua dpr ri periode 2014-2019). S2 thesis, universitas mercu buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstract.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)

Abstract

Penelitian ini adalah tentang "Strategi Media Relation Humas DPR RI melalui TV Parlemen dalam mengendalikan berita DPR RI, dengan studi kasus Pemilihan Ketua DPR RI pada periode 2014-2019". Humas DPR memiliki peran sangat strategis menjembatani DPR dengan publik dalam menyampaikan informasi terkait kegiatan DPR. Kegiatan humas yang dijalankan semata-mata sebagai investasi jangka panjang bertujuan menanamkan pengetahuan kepada masyarakat akan tugas, fungsi dan kegiatan lembaga DPR, salah satu kegiatannya adalah TV Parlemen, berfungsi menyiarkan berita harian dan informasi dengan akurasi, keandalan dan transparan tentang DPR. TV Parlemen juga menjaga hubungan DPR dan media. Strategi TV Parlemen dalam mengendalikan berita salah satunya dengan menegur wartawan secara langsung dan santun dengan azas proporsional, berimbang dan memberikan masukan dalam penentuan nara sumber yang tepat. Sebenarnya disinilah fungsi atau peran humas yang sebenarnya yaitu mampu melakukan interaksi proses komunikasi politik kepada masyarakat dan media massa secara berimbang, cerdas dan santun, dan mengelola efek atas opini publik yang terbentuk di masyarakat sebagai strategi dalam mengendalikan berita. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan paradigma konstruktivis, dan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara beberapa informan yang ahli dalam bidangnya dan memiliki keterkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan hubungan media yang dijalankan humas DPR untuk mendapatkan output atau hasil akhir tercapainya tujuan, tetapi belum pada tahap melakukan komunikasi secara efektif. Humas hanya menjalankan fungsi publisitas, tidak menindaklanjuti efek berita yang dapat membentuk opini publik dan berkembang di masyarakat. Humas tidak berhasil membentuk dan mempengaruhi opini publik. Tantangan eksternal humas adalah media sering kali keliru dengan melakukan generalisasi citra pribadi dengan citra DPR sebagai sebuah lembaga. Tantangan internal, pembentukan arus informasi internal DPR belum sistematis, belum ada strategi pengelolaan kehumasan yang sistematis, terintegrasi dan terkoordinasi, belum optimalnya dukungan kehumasan yang dilakukan Setjen DPR RI.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: 52/PCOM/2015/020
NIM: 55210110067
Uncontrolled Keywords: strategi hubungan media, humas, pemberitaan, media relations strategy, public relation, news
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 07 May 2018 02:35
Last Modified: 07 May 2018 02:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41923

Actions (login required)

View Item View Item