MASKULINITAS DALAM IKLAN EXTRA JOSS VERSI RIO DEWANTO "LAKI BERJUANG DEMI KURBAN" (Analisis Semiotika Roland Barthness)

ELISA, ELISA (2018) MASKULINITAS DALAM IKLAN EXTRA JOSS VERSI RIO DEWANTO "LAKI BERJUANG DEMI KURBAN" (Analisis Semiotika Roland Barthness). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Halaman Judul.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan skripsi Scan.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
Kata Pengantar.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

dampak pada produksi iklan yang kadang sengaja mengesampingkan etika beriklan. Khalayak terkadang disuguhkan sebuah iklan dengan asumsi yang sebenarnya kurang sesuai dan melebihkan realitas dari produk yang ditawarkan. Justru bukan hanya sekedar menawarkan sebuah produk, melainkan menawarkan ideologi, gaya hidup, dan imaji yang sering digambarkan melalui tanda dan bahasa.Pembuat iklan dituntut kreatif sehingga pesan diterima oleh konsumen. Pada Iklan Extra Joss versi Rio Dewanto merupakan Iklan yang mengangkat produk Minuman Berenergi. Dimana dalam Iklan tersebut menunjukkan bagaimana pengaruh minuman berenergi tersebut dalam Maskulinitas. Dengan mengkonsumsi minuman bernergi dapat membantu Laki – Laki untuk menunjukkan sisi maskulinitasnya dengan cara berkurban. Dalam penelitian ini mengangkat cerita dari iklan minuman bernergi dengan fokus objek pada maskulintas yang ada pada iklan rersebut dari sini dapat diketahui makna yang terbentuk dari tanda-tanda yang ada pada iklan tersebut. Metode yang digunakan sebagai pendekatan dalam menganalisis data adalah analisis semiotik/semiologi-signifikasi Roland Barthes,yakni pemaknaan tanda melalui dua tahapan, dimana tanda yang terdiri atas penanda (signifer) dan petanda (signified) pada tahap kedua yang mempunyai penanda lain (mengalamin perluasan makna/konotasi). Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa dari iklan Extra Joss versi menunjukkan adanya sifat maskulinitas baru yaitu laki-laki dengan sifat pantang menyerah, lakilaki agresif dan tidak melupakan nilai keagamaan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 18 012
NIM: 44313110084
Uncontrolled Keywords: MASKULINITAS, IKLAN, EXTRA JOSS, VERSI RIO DEWANTO
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 07 Apr 2018 06:24
Last Modified: 02 Oct 2018 06:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41652

Actions (login required)

View Item View Item