ELISA, ELISA (2018) MASKULINITAS DALAM IKLAN EXTRA JOSS VERSI RIO DEWANTO "LAKI BERJUANG DEMI KURBAN" (Analisis Semiotika Roland Barthness). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Halaman Judul.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan skripsi Scan.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
Kata Pengantar.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (79kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
||
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
||
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
Abstract
dampak pada produksi iklan yang kadang sengaja mengesampingkan etika beriklan. Khalayak terkadang disuguhkan sebuah iklan dengan asumsi yang sebenarnya kurang sesuai dan melebihkan realitas dari produk yang ditawarkan. Justru bukan hanya sekedar menawarkan sebuah produk, melainkan menawarkan ideologi, gaya hidup, dan imaji yang sering digambarkan melalui tanda dan bahasa.Pembuat iklan dituntut kreatif sehingga pesan diterima oleh konsumen. Pada Iklan Extra Joss versi Rio Dewanto merupakan Iklan yang mengangkat produk Minuman Berenergi. Dimana dalam Iklan tersebut menunjukkan bagaimana pengaruh minuman berenergi tersebut dalam Maskulinitas. Dengan mengkonsumsi minuman bernergi dapat membantu Laki – Laki untuk menunjukkan sisi maskulinitasnya dengan cara berkurban. Dalam penelitian ini mengangkat cerita dari iklan minuman bernergi dengan fokus objek pada maskulintas yang ada pada iklan rersebut dari sini dapat diketahui makna yang terbentuk dari tanda-tanda yang ada pada iklan tersebut. Metode yang digunakan sebagai pendekatan dalam menganalisis data adalah analisis semiotik/semiologi-signifikasi Roland Barthes,yakni pemaknaan tanda melalui dua tahapan, dimana tanda yang terdiri atas penanda (signifer) dan petanda (signified) pada tahap kedua yang mempunyai penanda lain (mengalamin perluasan makna/konotasi). Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa dari iklan Extra Joss versi menunjukkan adanya sifat maskulinitas baru yaitu laki-laki dengan sifat pantang menyerah, lakilaki agresif dan tidak melupakan nilai keagamaan.
Actions (login required)
View Item |