KUSMIATI, KUSMIATI (2015) PERSEPSI REMAJA TERHADAP PESAN INFORMASI PENDIDIKAN DI WWW.GOOGLE.CO.ID (Studi Kasus pada Remaja di Perumahan Kota Modern-Tangerang). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (COVER)
Isi_cover_863334018322.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Isi_abstract_500852096693.pdf Download (22kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
Isi1883869348714.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text (BAB II)
Isi2465635782048.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
||
Text (BAB III)
Isi3973733509522.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
||
Text (BAB IV)
Isi4235954396822.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
||
Text (BAB V)
Isi5583983362372.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Isi_pustaka631088989784.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
Abstract
Dalam kegiatan komunikasi intrapersonal, daya tarik pesan www.google.co.id dan link web, blog sebagai pembawa pesan merupakan salah satu faktor yang penting, karena sangat menentukan persepsi remaja dalam melakukan kegiatan komunikasi intrapersonal, terutama para remaja yang memiliki rasa ingin tahu tentang dunia di sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi remaja terhadap pesan informasi pendidikan di www.google.co.id Paradigma penelitiannya post positivis dan metode penelitian yang digunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif . Tehnik pengambilan data dengan Fokus Group Discussion (FGD) dan metode analisis deskriptif. Hasil analisis penelitian dengan teori persepsi stimuli, sensasi dan persepsi oleh Joseph Devito menunjukkan seluruh informan mempunyai intepretasi yang berbeda terhadap stimulus yang sama, hal ini dipengaruhi oleh pengalaman dan proses belajar individu. Selain itu isi pesan www.google.co.id juga memberikan kesempatan bagi remaja dalam memilih pesan dan mengabaikan pesan. Apabila pesan positif, maka remaja akan melakukan komunikasi dengan mengakses link blog dengan nyaman, sebaliknya apabila blog yang dilink dari www.google.co.id mempunyai pesan negatif, remaja akan berusaha membatasi diri sehingga komunikasi intrapersonal tidak terlalu mendalam dengan link blog. Dari penelitian ini ditemukan perbedaan yang terjadi pada setiap tahapan dalam proses pembentukan persepsi mulai dari daya konsentrasi yang mempengaruhi stimulasi-seleksi, pembangunan skema kognitif pada tahap pengelompokan pesan, penginterpretasian pesan tersebut, sampai akhirnya hasil persepsi tersebut disimpan dalam memori mereka dan suatu saat dibangkitkan kembali ketika dibutuhkan
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-15-098 |
NIM/NIDN Creators: | 55212120052 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Remaja, Komunikasi Intrapersonal, Perception, Youth, Intrapersonal Communication. CORCOM |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 04 Apr 2018 01:50 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 07:52 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41543 |
Actions (login required)
View Item |