PERSEPSI REMAJA TERHADAP PESAN INFORMASI PENDIDIKAN DI WWW.GOOGLE.CO.ID (Studi Kasus pada Remaja di Perumahan Kota Modern-Tangerang)

KUSMIATI, KUSMIATI (2015) PERSEPSI REMAJA TERHADAP PESAN INFORMASI PENDIDIKAN DI WWW.GOOGLE.CO.ID (Studi Kasus pada Remaja di Perumahan Kota Modern-Tangerang). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
Isi_cover_863334018322.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Isi_abstract_500852096693.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Isi1883869348714.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB II)
Isi2465635782048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (BAB III)
Isi3973733509522.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (BAB IV)
Isi4235954396822.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB V)
Isi5583983362372.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Isi_pustaka631088989784.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)

Abstract

Dalam kegiatan komunikasi intrapersonal, daya tarik pesan www.google.co.id dan link web, blog sebagai pembawa pesan merupakan salah satu faktor yang penting, karena sangat menentukan persepsi remaja dalam melakukan kegiatan komunikasi intrapersonal, terutama para remaja yang memiliki rasa ingin tahu tentang dunia di sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi remaja terhadap pesan informasi pendidikan di www.google.co.id Paradigma penelitiannya post positivis dan metode penelitian yang digunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif . Tehnik pengambilan data dengan Fokus Group Discussion (FGD) dan metode analisis deskriptif. Hasil analisis penelitian dengan teori persepsi stimuli, sensasi dan persepsi oleh Joseph Devito menunjukkan seluruh informan mempunyai intepretasi yang berbeda terhadap stimulus yang sama, hal ini dipengaruhi oleh pengalaman dan proses belajar individu. Selain itu isi pesan www.google.co.id juga memberikan kesempatan bagi remaja dalam memilih pesan dan mengabaikan pesan. Apabila pesan positif, maka remaja akan melakukan komunikasi dengan mengakses link blog dengan nyaman, sebaliknya apabila blog yang dilink dari www.google.co.id mempunyai pesan negatif, remaja akan berusaha membatasi diri sehingga komunikasi intrapersonal tidak terlalu mendalam dengan link blog. Dari penelitian ini ditemukan perbedaan yang terjadi pada setiap tahapan dalam proses pembentukan persepsi mulai dari daya konsentrasi yang mempengaruhi stimulasi-seleksi, pembangunan skema kognitif pada tahap pengelompokan pesan, penginterpretasian pesan tersebut, sampai akhirnya hasil persepsi tersebut disimpan dalam memori mereka dan suatu saat dibangkitkan kembali ketika dibutuhkan

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-15-098
NIM/NIDN Creators: 55212120052
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Remaja, Komunikasi Intrapersonal, Perception, Youth, Intrapersonal Communication. CORCOM
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 04 Apr 2018 01:50
Last Modified: 13 Nov 2023 07:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41543

Actions (login required)

View Item View Item