PERANCANGAN ART DIRECTING IKLAN LAYANAN MASYARAKAT VIDEO ANIMASI #YUKMULAI GUNA MEMPENGARUHI SIKAP MASYARAKAT DALAM MENANGGAPI HOAX

WAHYUDI, EVA (2018) PERANCANGAN ART DIRECTING IKLAN LAYANAN MASYARAKAT VIDEO ANIMASI #YUKMULAI GUNA MEMPENGARUHI SIKAP MASYARAKAT DALAM MENANGGAPI HOAX. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 Abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1 COVER.pdf

Download (23MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB II)
4 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text (BAB III)
5 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text (BAB IV)
6 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text (BAB V)
7 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)

Abstract

Internet memiliki fungsi dan manfaat dasar sebagai media informasi, komunikasi, dan saranan hiburan. Hoax merupakan kebebasan berbicara dan berpendapat yang berlebihan dan diterbitkan melalui media online. Kemunculan dan berkembangnya hoax bukan tanpa maksut. Hoax dibuat seseorang atau kelompok tertentu dengan beragam tujuan, mulai sekedar bersenang – senang, pembentukan opini publik atau hasutan (agitasi). Tujuan perancangan ini adalah untuk menyadarkan dan mengubah perilaku masyarakat dalam menyikapi informasi yang diterima melalui media sosial. Tidak mudah percaya terhadap informasi dan tidak langsung membagikan ulang ke orang lain sehingga mencegah dampak buruk yang lebih luas di masyarakat, melalui iklan layanan masyarakat berbentuk Animasi. Wilayah Indonesia dengan total penduduk 256,2 juta orang (2016) dan khusus wilayah pulau jawa memiliki penetrasi internet terbesar sebanyak 65% (86,3 juta orang) dengan demografi pria – wanita, usia 16 – 35 tahun dengan status mahasiswa/pekerja, SSE A~B. Sebagai generasi digital yang tumbuh bersama internet, dengan gaya hidup yang mencari kesenangan dan perhatian melalui social media. Perancang menginginkan untuk menginformasikan kepada khalayak bahaya sebuah berita / informasi yang setiap waktu kita baca dan dengar mungkin berita / informasi tersebut hoax. Pola fikir kritis dan nalar membantu khalayak untuk dapat membedakan mana berita bener atau hanya hoax. Kesimpulan perancang membuat sebuah iklan layanan masyarakat yang tentunya dengan tujuan mengedukasikan tentang tindakan dalam menyikapi terpaan konten dari social media yang mudah di bagikan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 18 034
NIM: 44313010043
Uncontrolled Keywords: Media Informasi, Generasi Digital, Hoax, Media Sosial.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 001 Knowledge/Ilmu Pengetahuan > 001.9 Controversial Knowledge/Pengetahuan Kontroversial > 001.95 Deceptions and Hoaxes/Penipuan dan Hoax
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 339 Macroeconomics and Related Topics/Makroekonomi, Ekonomi Makro dan Topik Terkait > 339.4 Factors Affecting National Product, Wealth, Income/Faktor yang Mempengaruhi Produksi Nasional, Faktor yang Mempengaruhi Kekayaan dan Pendapatan Nasional
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 604 Technical Drawing/Menggambar Teknik, Hazardous Materials Technology/Teknologi Bahan Berbahaya, groups of people/Kelompok Masyarakat > 604.2 Technical Drawing/Menggambar Teknik > 604.24 Specific Drafting Procedures and Conventions/Prosedur dan Konvensi Perancangan Spesifik
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.5 Cartoons, Caricatures, Comics Drawings, Comic Books/Teknik Menggambar Kartun, Karikatur, Komik > 741.58 Animated Cartoons/Animasi Kartun
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Alnisa Hardiyanti
Date Deposited: 28 Mar 2018 04:17
Last Modified: 02 Oct 2018 07:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41414

Actions (login required)

View Item View Item