WAHYUDI, EVA (2018) PERANCANGAN ART DIRECTING IKLAN LAYANAN MASYARAKAT VIDEO ANIMASI #YUKMULAI GUNA MEMPENGARUHI SIKAP MASYARAKAT DALAM MENANGGAPI HOAX. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (ABSTRAK)
2 Abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (HAL COVER)
1 COVER.pdf Download (23MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
||
Text (BAB II)
4 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
||
Text (BAB III)
5 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) |
||
Text (BAB IV)
6 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) |
||
Text (BAB V)
7 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
Abstract
Internet memiliki fungsi dan manfaat dasar sebagai media informasi, komunikasi, dan saranan hiburan. Hoax merupakan kebebasan berbicara dan berpendapat yang berlebihan dan diterbitkan melalui media online. Kemunculan dan berkembangnya hoax bukan tanpa maksut. Hoax dibuat seseorang atau kelompok tertentu dengan beragam tujuan, mulai sekedar bersenang – senang, pembentukan opini publik atau hasutan (agitasi). Tujuan perancangan ini adalah untuk menyadarkan dan mengubah perilaku masyarakat dalam menyikapi informasi yang diterima melalui media sosial. Tidak mudah percaya terhadap informasi dan tidak langsung membagikan ulang ke orang lain sehingga mencegah dampak buruk yang lebih luas di masyarakat, melalui iklan layanan masyarakat berbentuk Animasi. Wilayah Indonesia dengan total penduduk 256,2 juta orang (2016) dan khusus wilayah pulau jawa memiliki penetrasi internet terbesar sebanyak 65% (86,3 juta orang) dengan demografi pria – wanita, usia 16 – 35 tahun dengan status mahasiswa/pekerja, SSE A~B. Sebagai generasi digital yang tumbuh bersama internet, dengan gaya hidup yang mencari kesenangan dan perhatian melalui social media. Perancang menginginkan untuk menginformasikan kepada khalayak bahaya sebuah berita / informasi yang setiap waktu kita baca dan dengar mungkin berita / informasi tersebut hoax. Pola fikir kritis dan nalar membantu khalayak untuk dapat membedakan mana berita bener atau hanya hoax. Kesimpulan perancang membuat sebuah iklan layanan masyarakat yang tentunya dengan tujuan mengedukasikan tentang tindakan dalam menyikapi terpaan konten dari social media yang mudah di bagikan.
Actions (login required)
View Item |