MITOS SEKSUALITAS DALAM IKLAN LYNX (Studi Analisis Semiotik Roland Barthes Pada Iklan LYNX Versi The Cleaner You Are The Dirtier You Get)

PAH, JEMMY JUNIUS (2014) MITOS SEKSUALITAS DALAM IKLAN LYNX (Studi Analisis Semiotik Roland Barthes Pada Iklan LYNX Versi The Cleaner You Are The Dirtier You Get). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 HALAMAN COVER.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Halaman Abstraksi.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (BAB 2)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB 3)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text (BAB 4)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text (BAB 5)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membongkar mitos seksualitas pada iklan cetak LYNX versi The Cleaner You Are The Dirtier You Get. Objek penelitian ini adalah iklan cetak LYNX versi The Cleaner You Are The Dirtier You Get yang hanya menampilkan sosok model wanita seksi tanpa menyertakan model laki-laki. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Adapun metode analisis semiotika Roland Barthes digunakan untuk mengetahui makna dari tanda-tanda yang ada pada iklan dan ideologi yang ada di balik iklan. Setelah mengamati iklan cetak LYNX versi The Cleaner You Are The Dirtier You Get, peneliti menemukan mitos seksualitas pada berbagai rangkaian penanda (signifier) dan petanda (signified) yang ada dalam iklan. Penggunaan ikon-ikon seksualitas seperti model wanita seksi memperlihatkan adanya upaya eksploitasi terhadap perempuan baik secara fisik maupun nonfisik dengan memanfaatkan tubuh perempuan dan hasratnya. Adapun ideologi yang tersembunyi di balik iklan cetak LYNX versi The Cleaner You Are The Dirtier You Get adalah ideologi konsumerisme, patriarki dan kapitalisme. Terkait dengan hasil penelitian, penulis ingin menyarankan agar pembuat iklan dan produsen tidak terus menerus menggunakan tubuh perempuan sebagai ‘materi’ iklan, apalagi jika perempuan hanya dijadikan objek seks semata.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: 52/MIB/2014/002/NOT PUBLISHED
NIM: 55211120298
Uncontrolled Keywords: LYNX, Mitos Seksualitas, Semiotika, Roland Barthes, LYNX, Sexual Myth, Semiotics, Roland Barthes
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:20
Last Modified: 29 Mar 2018 03:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41307

Actions (login required)

View Item View Item