KONSTRUKSI PEMBERITAAN TENTANG PELANGGARAN DESAIN INDUSTRI APPLE VS SAMSUNG (Studi Analisis Framing Robert Entman pada media online detik.com)

MARDANI, ANDY (2014) KONSTRUKSI PEMBERITAAN TENTANG PELANGGARAN DESAIN INDUSTRI APPLE VS SAMSUNG (Studi Analisis Framing Robert Entman pada media online detik.com). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
HALAMAN COVER.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)

Abstract

Produksi berita sesungguhnya berada dalam pertarungan antara pihak-pihak yang berkepentingan dengan isi berita. Secara umum, pihak yang menguasai kapital berpeluang paling besar mendominasi proses produksi berita. Dalam konteks media massa, pengiklan (advetiser) merupakan pihak yang dominan menentukan kecenderungan dan keberpihakkan media. Hal ini terjadi karena media massa di Indonesia telah mengalami pergeseran yang disebakan pola produksi yang berubah. Bagaimana konstruksi Pemberitaan Pelanggaran Desain Industri Apple Vs Samsung di media online detik.com? Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana pemberitaan di media detik.com dalam menyajikan sebuah framing pemberitaan. Untuk mengetahui konstruksi Pemberitaan Pelanggaran Desain Industri Apple Vs Samsung di media online detik.com. Menurut skema Hierarchy of Influence, Pamela Shoemaker dan Stephen D. Reese dalam buku Mediating The Message : Theories of Influence on Mass Media Content yang ditulis oleh Pamela Shoemaker dan Stephen D. Reese (1996), terdapat lima faktor yang mempengaruhi isi media. Kelima faktor tersebut adalah individu, rutinitas media, organisasi, ekstramedia dan ideologi Teknik analisis data untuk teks, menggunakan analisis tekstual berdasarkan framing model Entman. Analisis ini mencermati strategi seleksi, penonjolan berita agar lebih menarik, lebih berarti untuk menggiring dan mengarahkan interpretasi khalayak sesuai dengan perspektif framing model Entman. Dalam pemberitaan kasus ini bukan sekadar sengketa Hak Kekayaan Intelektual, tetapi bisa ditafsirkan sebagai bentuk persaingan bisnis yang ikut diwarnai oleh sentimen nasionalisme.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT/MIB/2014/029
Call Number: 52/MIB/2014/029
NIM: 55211110013
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:14
Last Modified: 29 Mar 2018 03:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41261

Actions (login required)

View Item View Item