FORMULASI DAN EVALUASI PRODUKTIVITAS PELAYANAN PENANGANAN KECELAKAAN LALU LINTAS PADA JALAN TOL TANGERANG - MERAK (STUDY KASUS PT MARGA MANDALASAKTI)

ROJI, PAHRUL (2017) FORMULASI DAN EVALUASI PRODUKTIVITAS PELAYANAN PENANGANAN KECELAKAAN LALU LINTAS PADA JALAN TOL TANGERANG - MERAK (STUDY KASUS PT MARGA MANDALASAKTI). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstract Abstrak PAHRUL ROJI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER PAHRUL ROJI.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I PAHRUL ROJI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II PAHRUL ROJI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III PAHRUL ROJI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV PAHRUL ROJI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V PAHRUL ROJI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB VI)
8. BAB VI PAHRUL ROJI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka PAHRUL ROJI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

Jalan tol Tangerang - Merak yang di kelola oleh PT Marga Mandalasakti (PT.MMS) memiliki panjang 72,45 km terbentang dari Tangerang Barat sampai ke pelabuhan penyebrangan Merak. Dengan volume lalu lintas pada tahun 2015 mencapai 135.000 kendaraan perhari terjadi 660 kasus kecelakaan. Waktu pelayanan penanganan kecelakaan (WPPK) ditetapkan oleh pemerintah yaitu ≤65 menit dan dihitung berdasarkan jumlah response time dan handling time. Pada tahun 2015 rata-rata WPPK pada jalan tol Tangerang-Merak sebesar 68,3 menit/penanganan kecelakaan. Hal ini menunjukkan terdapat jarak sebesar 3,3 menit lebih besar dari standar minimal waktu penanganan kecelakaan sesuai regulasi yang berlaku dan menyebabkan indeks produktivitas rendah. Model matematis produktivitas untuk pelayanan penanganan kecelakaan digambarkan sebagai kecepatan penanganan berbanding dengan jumlah petugas. Sehingga cara terbaik untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan mempercepat proses penanganan kecelakaan dengan melakukan perbaikan pada faktor-faktor yang mempengaruhi WPPK. Faktor-faktor yang mempengruhi WPPK antara lain waktu kecelakaan, lokasi, cuaca, jenis kecelakaan, jenis kendaraan, posisi akhir kendaraan, volume lalu lintas, jenis korban dan jumlah korban.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT/MTEL/2017/006
Call Number: 54/MTEL/2017/006
NIM: 55314120038
Uncontrolled Keywords: Produktivitas, jalan tol, kecelakaan lalu lintas, response time, handling time, Productivity, toll road, traffic accident, response time, handling time
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.3 Electrical Engineering, Lighting, Superconductivity, Magnetic Engineering, Applied Optics, Paraphotic Technology, Electronics Communications Engineering, Computers/Teknik Elektro, Pencahayaan, Superkonduktivitas, Teknik Magnetik, Optik Terapan, Tekn
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 22 Jan 2018 07:43
Last Modified: 22 Jan 2018 07:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40321

Actions (login required)

View Item View Item