POLA KONSUMSI INFORMASI DI ERA TEKNOLOGI DIGITAL (Studi Kasus Penggunaan Media Berita Online di Provinsi Banten)

HERDIANSYAH, RAPIH (2017) POLA KONSUMSI INFORMASI DI ERA TEKNOLOGI DIGITAL (Studi Kasus Penggunaan Media Berita Online di Provinsi Banten). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (904kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Peradaban komunikasi manusia berubah seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi. Teknologi juga berkembang atas dasar kebutuhan manusia itu sendiri. Saat ini, manusia telah merasakan dampak dari perkembangan teknologi, salah satunya dalam mencari informasi melalui media. Pola konsumsi informasi pun mulai beralih ke teknologi digital. Pendekatan media dan teknologi yang digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola masyarakat di Provinsi Banten dalam mengkonsumsi informasi melalui media di era teknologi digital saat ini. Sebelum muncul internet, pola konsumsi informasi diperoleh melalui media konvensional, seperti surat kabar, majalah dan televisi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kemunculan media informasi berbasis internet atau media online telah merubah pola konsumsi masyarakat dalam mencari informasi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, yang mengungkap pola konsumsi informasi masyarakat di Provinsi Banten pada era teknologi digital saat ini. Penelitian ini juga mengungkap alasan-alasan yang melandasi individu-individu saat mencari informasi melalui media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan pola konsumsi informasi disebabkan karena setiap individu merasa diberi kemudahan dalam mencari informasi yang didukung dengan teknologi komunikasi, khususnya perangkat digital smartphone. Meski demikian, penelitian ini tidak menemukan adanya perubahan secara masif dari pola konsumsi media konvensional ke media baru (media online).

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-061
Call Number: 52/MIB/2017/007
NIM/NIDN Creators: 55212110080
Uncontrolled Keywords: Media Industry dan Bisnis, MEDIA
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 22 Nov 2017 04:23
Last Modified: 21 Jun 2022 04:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39655

Actions (login required)

View Item View Item