YAHYA, ABAS (2017) SINERGI BUDAYA KOMUNIKASI BAGIAN PEMBERITAAN(UNIT NEWS) PASCA PENGGABUNGAN STASIUN TELEVISI SCTV - INDOSIAR. S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.
|
Text (Cover)
LEMBAR COVER TESIS.pdf Download (786kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
BAB I .pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
||
Text (Bab 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
||
Text (Bab 3)
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
||
Text (Bab 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
Abstract
Sinergi dalam sebuah perusahaan sangat terkait dengan komunikasi internal dalam organisasi perusahaan tersebut. Komunikasi yang berbeda atau gaya komunikasi tidak searah dalam sebuah organisasi tentu akan membuat tujuan dari organisasi tidak tercapai, oleh karena itu diperlukan komunikasi yang baik dan efektif agar dapat menciptakan iklim organisasi yang berjalan sesuai tujuan. Proses sinergi yang dilakukan antara stasiun televisi SCTV dan stasiun televisi Indosiar menimbulkan implikasi terhadap internal, salah satunya adalah perbedaan budaya komunikasi yang menyebabkan kurang lancarnya komunikasi suasana kerja.Dengan adanya sinergi perusahaan, maka harus dilakukan komunikasi organisasi internal untuk menyelaraskan visi dan misi perusahaan secara internal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahuibagaimana sinergi budaya komunikasi bagian pemberitaan (Unit News) pasca penggabungan stasiun televisi SCTV– Indosiar. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif menggunakan proses sebuah studi kasus. Penelitian ini menggunakan konsep budaya organisasi dalam mempelajari budaya organisasi yang dikemukakan oleh Peters dan Waterman yang disebut sebagai “McKinsey 7–S Franework”, yang terdiri dari tujuh buah konsep budaya organisasi yang saling terkait. Untuk sinergi menggunakan konsep sinergi governance dan kolaborasi. Dari hasil penelitian terlihat bahwa dalam konsep budaya komunikasi organisasi yang diterapkan pada redaksi liputan harian stasiun SCTV – Indosiar pasca sinergi kedua perusahaan dianggap mampu untuk melakukan perubahan komunikasi langsung pada bagian redaksi liputan harian. Selain itu pula, terlihat bahwa budaya komunikasi organisasi baru yang diterapkan cukup taktis dan tetap berfokus pada taktik-taktik yang dilakukan dengan melihat situasi secara strategis. Program-program budaya komunikasi yang disusun redaksi liputan harian SCTV–Indosiar pasca sinergi sudah sesuai dengan konsep budaya organisasi dan sinergi pada penelitian ini. Inisiatif untuk melaksanakan budaya komunikasi organisasi sebagai bagian dari komunikasi internal adalah bentuk kepedulian perusahaan akan apa yang dibutuhkan karyawan, terutama dalam situasi sedang ada perubahan besar dalam perusahaan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-17-059 |
Call Number: | 52/MIB/2017/002 |
NIM/NIDN Creators: | 55213120036 |
Uncontrolled Keywords: | Media Industry dan Bisnis, MEDIA |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 08:33 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 04:06 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39653 |
Actions (login required)
View Item |