HAMBATAN PARALINGUISTIK DALAM PELATIHAN KERJA TUNANETRA DI LEMBAGA PENDIDIKAN NON FORMAL (StudiKasus Pada Yayasan Raudlatul Makhfufin Tangerang Selatan)

HAKIM, LUKMANUL (2017) HAMBATAN PARALINGUISTIK DALAM PELATIHAN KERJA TUNANETRA DI LEMBAGA PENDIDIKAN NON FORMAL (StudiKasus Pada Yayasan Raudlatul Makhfufin Tangerang Selatan). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mengekplorasi hambatan bahasa dalam komunikasi kelompok tunanetra saat pelatihan kerja di lembaga pendidikan non formal pada Yayasan Raudlatul Makhfufin Tangerang Selatan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya tunanetra yang sering mengalami diskriminasi dari berbagai kebijakan, meskipun mereka sudah menuntut ada kesetaraan dari pemerintah dalam berbagai aspek. Mulai dari layanan publik seperti pendidikan, pekerjaan, kesehatan, akses transportasi umum, dan aspek lain. Ditengah permasalahan ini Yayasan Raudlatul Makhfufin hadir sebagai lembaga pendidikan non formal yang khusus mendidik para penyandang tunanetra, dengan segala keterbatasan yang ada tunanetra di Yayasan ini dilatih untuk dapat memiliki keahlian diberbagai bidang dan mampu bersaing dengan para pekerja normal lainnya. Sungguh sulit bagi peneliti untuk dapat memahami, tentang proses belajar mengajar yang terjadi di dalam lembaga pendidikan non formal Yayasan Raudlatul Makhfufin. Demikian halnya dengan komunikasi di antara sesama tunanetra di dalamnya, pasti ada banyak hambatan yang muncul, sebab komunikasi juga membutuhkan panca indera, khususnya mata sangat berpengaruh. Itulah sebabnya, muncul rasa ingin tahu peneliti tentang hambatan bahasa dalam komunikasi kelompok tunanetra saat pelatihan kerja di lembaga pendidikan non formal Yayasan Raudlatul Makhfufin tersebut. Fokus penelitian ini adalah bagaimana hambatan bahasa dalam komunikasi kelompok tunanetra saat pelatihan kerja di lembaga pendidikan non formal Yayasan Raudhatul Makhfufin Tangerang Selatan, melalui perspektif studi kasus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teori aksi berbicara oleh John Searle. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan pengetahuan, pemahaman, serta kemampuan mengungkap hambatan bahasa dalam komunikasi kelompok tunanetra saat pelatihan kerja di lembaga pendidikan non formal Yayasan Raudhatul Makhfufin Tangerang Selatan, melalui perspektif studi kasus, dengan mengungkap, menjelaskan, dan mendeskripsikan tentang tentang macam-macam hambatan bahasa dalam komunikasi kelompok tunanetra, pihak-pihak yang mengalami hambatan bahasa, penyebab bahasa menjadi hambatan dalam komunikasi kelompok tunanetra, cara mengatasi hambatan bahasa dalam komunikasi kelompok tunanetra, dan model komunikasi kelompok tunanetra yang mengalami hambatan bahasa saat pelatihan kerja di lembaga pendidikan non formal Yayasan Raudhatul Makhfufin. Adapun hasil penelitian ini adalah macam-macam hambatan bahasa dalam komunikasi kelompok tunanetra, pihak-pihak yang mengalami hambatan bahasa dalam komunikasi kelompok tunanetra, penyebab bahasa menjadi hambatan dalam komunikasi kelompok tunanetra, cara mengatasi hambatan bahasa dalam komunikasi kelompok tunanetra, dan model komunikasi kelompok tunanetra yang mengalami hambatan bahasa saat pelatihan kerja di lembaga pendidikan non formal Yayasan Raudhatul Makhfufin Tangerang Selatan. Pada akhirnya, bisa diharapkan hambatan bahasa dalam komunikasi kelompok tunanetra tidak lagi menjadi ganjalan dalam proses belajar mengajar. Namun sayangnya penelitian ini tidak sampai menguji teori dengan menggunakan metode kuantitatif agar dapat diukur keberpengaruhannya, setidaknya penelitian ini dapat dijadikan bahan acuan untuk penelitian sejenis dan dapat dijadikan alat mengkonstruksi pemahaman tentang hambatan bahasa dalam komunikasi kelompok tunanetra saat pelatihan kerja di lembaga pendidikan non formal pada Yayasan Raudlatul Makhfufin Tangerang Selatan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT/CMC/2017/031
Call Number: 52/CMC/2017/031
NIM: 55214110065
Uncontrolled Keywords: Aksi Berbicara, Hambatan Bahasa, Pelatihan Kerja, Komunikasi Kelompok, Speech Actions, Language Barriers, Job Training, Group Communication
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 21 Nov 2017 04:15
Last Modified: 21 Nov 2017 04:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39651

Actions (login required)

View Item View Item