WIDYAWATI, PUDJI (2017) PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE PT. PRABU MANDIRI MOTOR DALAM MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN BAIK DENGAN PELANGGAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf Download (25kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) |
||
Text (BAB II)
04.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
Text (BAB III)
05.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
||
Text (BAB IV)
06.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
||
Text (BAB V)
07.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
Abstract
Mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan merupakan hal yang mesti diperihitungkan untuk menjalani bisnis saat ini, hal ini di karenakan untuk mendapatkan pelanggan baru cukup sulit karena bebrapa faktor salah satunya adalah sudah banyaknya pesaing dari brand yang sama ataupun kompetitor. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan Customer Service PT. Prabu Mandiri Motor dalam mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan. Strategi komunikasi yang dijalankan oleh Customer Service menggunakan landasan teori dari Cutlip, Centre and Broom dalam bukunya Effective Public Relations yaitu Strategi Komunikasi 7 C yang mencakup Credibility, Context, Content, Clarity, Continuty and Consistency, Channel, dan Capability of the audience. Serta menggunakan teori pendukung diantaranya Definisi Komunikasi Organisasi, Publis Relations, Customer Service, pengertian Pelanggan serta Hubungan Baik. Penelitian ini menggunakan paradigma Postpositivisme dengan metode penelitian Deskriptif Kualitatif yang dilakukan melalui wawancara mendalam kepada narasumber dengan hasilnya berupa transkip wawancara. data dituangkan dalam bentuk tulisan, dianalisis agar dapat memberikan gambaran, menginterprestasikan objek yang diteliti sehingga data dapat tersaji secara sistematis dan factual dengan mengeksplorasi teori yang relevan untuk selanjutnya menarik kesimpulan atas temuan penelitian. Hasil penelitian ini diperoleh gambaran bahwa Strategi Komunikasi Credibility (kredibilitas) menjadi pedoman yang paling dominan dilakukan oleh Customer Service dalam memberikan pemahaman terkait informasi yang disampaikan kepada pelanggan dikarenakan konsep kepercayaan diawal berperan penting dalam mengkomunikasikan program maupun produk dari Mitsubishi sehingga dapat memunculkan rasa saling percaya (trust), komunikasi yang berkesinambungan (Control Mutuality) untuk hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan (Commitment) antara Mitsubishi dan Publik yang pada akhirnya menciptakan rasa kepuasan (Satisfaction) dari public terhadap strategi komunikasi yang dilakukan oleh Customer Service (CS) tersebut. Keyword : Strategi Komunikasi, Customer Service, Hubungan Baik
Actions (login required)
View Item |