SUNTAMA, SUNTAMA (2016) REPRESENTASI KOMUNIKASI POLITIK JOKOWI (Analisis Wacana pemberitaan blusukan Jokowi di Koran KOMPAS dan REPUBLKA). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf Download (452kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (946kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
Abstract
Sebelum puncak kekuasaan yang kini ditampuknya, Pemberitaan blusukan Jokowi di media massa begitu gencar dan fenomenal, pemberitaan itupun mengisyaratkan bahwa kehadiran Jokowi yang ditampilkan oleh media massa tersebut bukan tanpa alasan. Yang menarik untuk diteliti adalah Bagaimana wacana ideologi yang disuguhkan media massa terhadap pemberitaan blusukan Jokowi khususnya yang direpresentasikan oleh koran Kompas dan Republika? Sebagaimana yang dipaparkan oleh Sara Mills dari analisisnya; bagaimana satu pihak, kelompok, orang, gagasan, atau peristiwa ditampilkan dengan cara tertentu dalam wacana berita yang dikontruksi oleh Kompas dan Republika tersebut yang mempengaruhi pemaknaan ketika diterima oleh khalayak. Pada penelitian kali ini lebih menekankan pada bagaimana posisi dari berbagai aktor sosial, posisi gagasan, atau peristiwa itu ditempatkan dalam teks. Posisi tersebut pada ahirnya menentukan bentuk teks yang hadir ditengah khalayak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Paradigma Kontruktivis, pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan teks berita dari Kompas dan Republika. Kumpulan data berupa teks berita yang didapat dari kedua media tersebut kemudian akan dianalisa dengan metode analisis wacana representasi dari Sara Mills yang ahirnya akan terlihat dari kedua media tersebut cara menempatkan aktor dan peristiwa pada posisi Subjek maupun Objek, begitu juga akan terlihat siapa yang dilegitimasi dan siapa yang tidak dilegitimasi.Hasil penelitian dari kedua media massa yaitu Kompas dan Republika dalam merepresentasikan komunikasi politik Jokowi dalam pemberitaanblusukannya masing-masing menempatkan aktor yang sama dalam posisi yang berbeda. Hal ini yang menjadi menarik kemudian akan ditelaah oleh penulis berdasarkan anlisis Wacana Sara Mills dengan menggunakan paradigma kontruktivis. Kemudian data dan hasil temuan dari pemberitaan tersebut dianalisis pada level teks yang mencakup aspek teknis dan subtansi. Kompas menampilkan blusukan Jokowi pada posisi yang dilegitimasi, sementara Republika menempatkan blusukan Jokowi pada posisi yang dimarjinalkan atau illegitimate dari setiap pemberitaan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-16-021 |
Call Number: | 52/PCOM/2016/023 |
NIM/NIDN Creators: | 55214110012 |
Uncontrolled Keywords: | Media Massa, Blusukan, Komunikasi Politik, Analisis Wacana danRepresentasi, Mass Media, Impromptu Walkabout, Political Communication, Discourse Analysis and Representation, KOMPOL, komunikasi politik |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 10 Nov 2017 03:52 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 04:31 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39546 |
Actions (login required)
View Item |