PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN DAERAH SERTA DAMPAKNYA TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN (Studi Kasus Pada SKPD Kota Administrasi Jakarta Barat)

RAHMADANI, RINDI (2017) PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN DAERAH SERTA DAMPAKNYA TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN (Studi Kasus Pada SKPD Kota Administrasi Jakarta Barat). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan penerapan sistem pengendalian intern terhadap kulaitas pelaporan keuangan serta dampaknya terhadap akuntabilitas keuangan. Penelitian ini dilakukan pada SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Kota Administrasi Jakarta Barat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dan penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner kepada SKPD Kota Administrasi Jakarta Barat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 34 SKPD, sampel dalam penelitian ini Kepala SKPD, Kepala Bagian Akuntansi dan Pelaporan dan Staff Pelaporan Keuangan, sehingga total data yang diperoleh dari 102 data. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Karena itu, analisis data yang digunakan yaitu dengan Partial Least Square (PLS3.0). Hasil penelitian ini dilihat dari uji Path Coefficient t-statistic pengaruh X1 terhadap Y sebesar 2.920, pengaruh X2 terhadap Y sebesar 3.941 dan pengaruh Y terhadap Z sebesar 6.320. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kompetensi sumber daya manusia memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kualitas pelaporan keuangan, penerapan sistem pengendalian intern juga memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kualitas pelaporan keuangan. Dan kualitas pelaporan keuangan juga memiliki pengaruh signifikan positif terhadap akuntabilitas keuangan. Kata kunci : Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Sistem Pengendalian Intern, Kualitas Pelaporan Keuangan, Akuntabilitas Keuangan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 18 194
NIM/NIDN Creators: 43213110096
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Sistem Pengendalian Intern, Kualitas Pelaporan Keuangan, Akuntabilitas Keuangan.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.4 Specific Fields of Accounting/Bidang Akuntansi Tertentu > 657.48 Analytical (Financial) Accounting/Analisis (Keuangan) Akuntansi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 03 Nov 2017 04:17
Last Modified: 27 Sep 2018 08:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39408

Actions (login required)

View Item View Item