IDENTITAS, MOTIF, DAN TINDAKAN YOUTUBER DI INDONESIA (Studi Fenomenologi Sosial Alfred Schutz Pada Kreator Konten Youtube)

REGINA, MARISSA (2017) IDENTITAS, MOTIF, DAN TINDAKAN YOUTUBER DI INDONESIA (Studi Fenomenologi Sosial Alfred Schutz Pada Kreator Konten Youtube). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
HAL COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka & Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Fenomena yang diangkat menjadi obyek penelitian adalah maraknya kemunculan kreator konten pada salah satu media sosial yaitu Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk menggali makna Youtube bagi para kreator konten, mencari tahu motif dalam menjadi seorang kreator konten, serta mengetahui perilaku yang ditampilkan seorang kreator konten di Youtube. Pendekatan yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi sosial dari Alfred Schutz. Informan kunci yang digunakan berjumlah 11 orang dan ditentukan dengan random sampling. Dari pembahasan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada 11 kelompok motif yang mendorong para informan menjadi seorang kreator konten, yang dibagi menjadi 3 motif yaitu personal-use motive, social motive, dan commercial motive. Selain itu, selain para informan melakukan proses tindakan untuk menjadi seorang kreator konten, informan juga memiliki strategi serta hambatan yang dialami. Youtube mempunyai makna tersendiri bagi para informan yaitu sebagai wadah berkarya/berkreasi, wadah konsumsi media dan informasi, dan wadah bisnis. Motif diwujudkan dengan tindakan-tindakan sosial sehingga motif tersebut menghasilkan makna Youtube. Pada akhirnya, konstruksi tindakan yang dilakukan oleh kreator berupa identitas diri kreator konten yang berkarya sekaligus berbisnis.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-073
Call Number: 52/MIB/2017/011
NIM/NIDN Creators: 55215120015
Uncontrolled Keywords: Media Industry dan Bisnis, MEDIA
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 31 Oct 2017 04:08
Last Modified: 21 Jun 2022 04:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39360

Actions (login required)

View Item View Item