REGINA, MARISSA (2017) IDENTITAS, MOTIF, DAN TINDAKAN YOUTUBER DI INDONESIA (Studi Fenomenologi Sosial Alfred Schutz Pada Kreator Konten Youtube). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (COVER)
HAL COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka & Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
Fenomena yang diangkat menjadi obyek penelitian adalah maraknya kemunculan kreator konten pada salah satu media sosial yaitu Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk menggali makna Youtube bagi para kreator konten, mencari tahu motif dalam menjadi seorang kreator konten, serta mengetahui perilaku yang ditampilkan seorang kreator konten di Youtube. Pendekatan yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi sosial dari Alfred Schutz. Informan kunci yang digunakan berjumlah 11 orang dan ditentukan dengan random sampling. Dari pembahasan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada 11 kelompok motif yang mendorong para informan menjadi seorang kreator konten, yang dibagi menjadi 3 motif yaitu personal-use motive, social motive, dan commercial motive. Selain itu, selain para informan melakukan proses tindakan untuk menjadi seorang kreator konten, informan juga memiliki strategi serta hambatan yang dialami. Youtube mempunyai makna tersendiri bagi para informan yaitu sebagai wadah berkarya/berkreasi, wadah konsumsi media dan informasi, dan wadah bisnis. Motif diwujudkan dengan tindakan-tindakan sosial sehingga motif tersebut menghasilkan makna Youtube. Pada akhirnya, konstruksi tindakan yang dilakukan oleh kreator berupa identitas diri kreator konten yang berkarya sekaligus berbisnis.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-17-073 |
Call Number: | 52/MIB/2017/011 |
NIM/NIDN Creators: | 55215120015 |
Uncontrolled Keywords: | Media Industry dan Bisnis, MEDIA |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 31 Oct 2017 04:08 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 04:23 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39360 |
Actions (login required)
View Item |