KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN ANAK LEARNING DIFFICULTIES DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN EMOSI ANAK

YULIWARDANI, PRIANJANI (2016) KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN ANAK LEARNING DIFFICULTIES DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN EMOSI ANAK. S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS .pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

Fenomena yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai komunikasi keluarga dengan anak Learning Difficulties dalam meningkatkan perkembangan emosi anak yang semakin banyak ditemui kendala yang terjadi di dalam keluarga dalam memahami anak Learning Difficulties. Anak dengan kebutuhan khusus Learning Difficulties kebanyakan hiperaktif, sulit berkonsentrasi, sulit memahami lingkungannya, sering juga disebut sebagai anak yang memiliki gaya belajar yang berbeda. Anak Learning Difficulties mengalami kesulitan untuk memahami isyarat sosial di lingkungannya. Anak Learning Difficulties membutuhkan pendekatan dan penanganan yang berbeda. Keluarga inti kesulitan untuk mencari informasi tentang anak Learning Difficulties.Informasi masih terbatas, sedangkan perkembangan anak saat ini sangat pesat. Apabila anak Learning Difficulties tidak ditangani dengan baik dan benar, anak dapat mengalami gangguan emosional (psikiatrik). Hal ini dapat memberikan dampak yang buruk bagi tumbuh kembang anak. Komunikasi interpersonal dianggap memiliki kekuatan persuasif yang lebih besar. Pemanfaatan komunikasi interpersonal dalam keluarga memiliki peranan yang sangat besar karena komunikasi interpersonal memiliki sifat yang dinamis, menimbulkan kesan simpatik dan empatik, yang dapat membantu proses perkembangan karakter serta potensi anak Learning Difficulties. Komunikasi interpersonal dalam keluarga memiliki peranan dalam mengantisipasi gangguan hyperemosional anak Learning Difficulties. Tujuan dari penelitian ini, untuk menjelaskan komunikasi keluarga inti, yaitu ayah, ibu dan saudara dengan anak Learning Difficulties dalam meningkatkan perkembangan emosi anak. Teori Manajemen Makna Terkoordinasi atau CMM Theory, Teori Significant Others dari teori Interaksionis Simbolik serta enam tahapan dasar dari Greenspan Theory membantu keluarga dengan anak Learning Difficulties dalam meningkatkan perkembangan emosi anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus menurut Robert K.Yin dan Creswell. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi. Peneliti melakukan penelitiannya pada dua keluarga di Jabodetabek dan satu keluarga di Bandung. Keluarga inti sangat penting bagi anak Learning Difficulties dalam menerima keunikan mereka

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT/CCOM/2016/027
Call Number: 52/CCOM/2016/027
NIM: 55212120014
Uncontrolled Keywords: Anak Learning Difficulties, komunikasi keluarga, komunikasi interpersonal, Learning Difficulties children, family communication, interpersonal communication
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 31 Oct 2017 03:07
Last Modified: 31 Oct 2017 03:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39356

Actions (login required)

View Item View Item