PENERAPAN SOCIAL STORY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MURID TK MULTAHADA

OKTAVIANI, OKY (2017) PENERAPAN SOCIAL STORY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MURID TK MULTAHADA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN COVER.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sebelum memasuki pendidikan di sekolah dasar, sebaiknya seorang anak sudah memiliki kesiapan untuk bersekolah. Professional association For Childcare and Early Years (2013) menjelaskan lebih lanjutlagi bahwa keterampilan yang paling penting untuk dimiliki agar dapat menghadapi dengan baik tuntutan sekolah nanti adalah keterampilan sosial. Penelitian-penelitian terdahulu menemukan bahwa social story dapat meningkatkan keterampilan sosial pada anak dengan kebutuhan khusus. Namun penelitian social story pada anak tanpa kebutuhan khusus dan juga dilakukan secara berkelompok masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran social story untuk meningkatkan keterampilan sosial anak TK tanpa kebutuhan khusus dan di lakukan dalam kelompok. Social Story adalah pembacaan cerita yang dibuat khusus untuk membantu anak agar berhasil menangani situasi sosial tertentu yang sering dihadapi oleh anak. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan single-subject (small-n) experimental design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah sepuluh murid TK X yang diambil melalui tehnik sampling jenuh. Hasil penerapan intervensi dilakukan dengan mengkaji hasil pre-test dan post test dilakukan melalui alat ukur Social Skill Improvement System-Rating Scale dari Gresham & Elliot (2008).

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 46113010084
Uncontrolled Keywords: keterampilan sosial, siswa TK, social story
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.4 Child Psychology/Psikologi Anak
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities/Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Students/Siswa, Murid, Pelajar
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Alnisa Hardiyanti
Date Deposited: 15 Nov 2017 04:51
Last Modified: 15 Nov 2017 04:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39328

Actions (login required)

View Item View Item