STRATEGI KOMUNIKASI UNTUK MEMPROMOSIKAN CITRA INDONESIA (Studi Kasus Akun Facebook Kedutaan Besar RI di Lima Peru)

ASRIADI, ARIES (2017) STRATEGI KOMUNIKASI UNTUK MEMPROMOSIKAN CITRA INDONESIA (Studi Kasus Akun Facebook Kedutaan Besar RI di Lima Peru). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

Facebook telah digunakan secara luas sebagai medium komunikasi, tidak hanya oleh individu namun juga oleh berbagai organisasi. Penelitian ini adalah tentang penggunaan Facebook sebagai medium komunikasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Lima Peru untuk mempromosikan citra Indonesia di negara tersebut. Pemanfaatan Facebook tersebut adalah bentuk dari komunikasi internasional antara berbagai pihak di berbagai belahan dunia yang semakin dimungkinkan berkat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Berbagai fitur yang ada pada Facebook sebagai medium komunikasi telah memperlancar komunikasi internasional yaitu kecepatan, mudah digunakan, murah, serta dapat memfasilitasi pertukaran teks, foto dan video. Fitur-fitur ini telah digunakan oleh Kedutaan Besar RI di Lima untuk menyebarkan informasi serta melakukan dialog dengan khalayak. Globalisasi menuntut organisasi seperti Kedutaan Besar untuk melakukan komunikasi, tidak hanya dengan pemerintah negara lain, namun juga dengan khalayak. Bagi Kedutaan Besar, komunikasi dengan khalayak adalah suatu yang prioritas karena berbagai keputusan ekonomi, prdagangan, investasi, pariwisata adalah keputusan individu dan tidak lagi ditentukan oleh negara. Oleh karena itu, pemanfaatan Facebook juga dibahas dari sudut pandang public relations dan diplomasi publik. Penelitian ini berdasarkan paradigma konstruktif dan menggunakan metode qualitatif. Pendekatan studi kasus dilakukan untuk memahami pemanfaatan Facebook oleh Kedutaan Besar sebagai media komunikasi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pengiriman pesan kepada khalayak dirancang untuk meningkatkan citra karena citra dapat dirubah dengan memberikan fakta yang terkait. Pemanfaatan Facebook merujuk kepada pendekatan komunikasi internaisonal yang idealistik yaitu meningkatkan saling pengertian. Facebook juga dimanfaatkan sebagai alat untuk melakukan public relations dan diplomasi publik.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-007
Call Number: 52/CMC/2015/058
NIM/NIDN Creators: 55212110068
Uncontrolled Keywords: Facebook, international communication, image, promotion, public relations, public diplomacy. Corporate and Marketing Communications, CORCOM;Media Industri dan Bisnis;MIB
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 23 Oct 2017 08:49
Last Modified: 07 Jul 2022 03:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39271

Actions (login required)

View Item View Item