HIDAYAH, SITI NURUL (2017) IDEOLOGI NASIONALISME DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI TELEVISI. S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf Download (706kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
Abstract
Iklan layanan masyarakat merupakan iklan untuk menyampaikan informasi, mempersuasi atau mendidik khalayak, dimana tujuan akhir bukanlah mendapatkan keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial. Namun dalam prakteknya, saat ini banyak pemilik media memanfaatkan iklan layanan masyarakat untuk mendapatkan keuntungan komersial. Di dalam iklan layanan masyarakat dengan tema hari kemerdekaan Indonesia ke 71 tahun yang ditayangkan TvOne, ANTV dan TRANS 7 terdapat simbol-simbol yang mengarah pada praktek komersialisasi. Melalui analisis semiotika Roland Barthes, makna visual diinterpretasikan dengan mengacu pada bantuan elemen-elemen pemaknaan pengambilan gambar dari Arthur Assa Berger. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simbol-simbol yang ditampilkan dalam isi pesan iklan, makna olahraga, profesi dan alam budaya mengalami pergeseran dengan menggunakan idelogi nasionalisme. Pergeseran makna untuk mendekatkan khalayak kepada program yang dipromosikan oleh setiap stasiun televisi. Mitologi nasionalisme digunakan untuk menerapkan ideologi kapitalis oleh setiap pemilik stasiun televisi
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-17-048 |
Call Number: | 52/MIB/2017/010 |
NIM/NIDN Creators: | 55215110011 |
Uncontrolled Keywords: | Iklan Layanan Masyarakat, Ideologi, Nasionalisme. Media Industry dan Bisnis, MEDIA |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 29 Aug 2017 05:18 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 06:31 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38762 |
Actions (login required)
View Item |