KOMUNIKASI ANTARPRIBADI REMAJA YANG MELAKUKAN SEKS PRANIKAH (Studi Kasus pada Remaja yang melakukan seks pranikah di Rumah Belajar JICT Kelurahan Cilincing )

SEPTIA, RIRIN (2017) KOMUNIKASI ANTARPRIBADI REMAJA YANG MELAKUKAN SEKS PRANIKAH (Studi Kasus pada Remaja yang melakukan seks pranikah di Rumah Belajar JICT Kelurahan Cilincing ). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

Permasalahan kenakalan remaja yang terjadi saat ini disebabkan berbagai faktor, salah satunya adalah rendahnya tingkat pendidikaan dan pergaulan bebas di kalangan remaja. Salah satu bentuk kenakalan remaja yang terjadi adalah seks bebas. Perilaku seksual yang tidak sehat di kalangan remaja ini khususnya remaja yang belum menikah cenderung mengalami peningkatan. Kondisi ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam terkait komunikasi yang terjadi diantara pasangan remaja dalam membangun hubungan yang menyebabkan terjadinya hubungan seks pranikah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi antarpribadi remaja yang melakukan seks pranikah dan untuk mengetahui proses tahapan perkembangan hubungan yang dibangun oleh pasangan remaja yang melakukan seks pranikah. Peneliti menggunakan Teori Interaksionisme Simbolik dari George Herbert Mead. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma kostruktivis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hubungan antarpribadi yang terjalin antara pasangan remaja ini bersifat emosional. Bagi para pasangan remaja untuk menjaga suatu hubungan dibutuhkan pembuktian oleh pasangan mereka berupa ucapan (bahasa verbal). Loyalitas terhadap pasangan menjadi salah satu bukti. Pembuktian merupakan proses berpikir mereka terhadap tindakan apa yang akan mereka lakukan sebagai wujud keseriusan mereka terhadap pasangan melalui hubungan yang intim. Ketika salah satu pasangan menginginkan sesuatu dari pasangannya, maka pasangan tersebut harus memberikannya. Pada dasarnya pola komunikasi ataupun pola interaksi yang mereka lakukan memang bersifat demikian. Artinya, lebih kepada proses negosiasi dan transaksional baik itu antar dua individu yang terlibat dalam proses komunikasi maupun lebih luas lagi bagaimana konstruksi sosial mempengaruhi proses komunikasi itu sendiri.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-016
NIM/NIDN Creators: 55214110069
Uncontrolled Keywords: Corporate and Marketing Communications, CORCOM
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 28 Aug 2017 02:45
Last Modified: 21 Jun 2022 03:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38635

Actions (login required)

View Item View Item