ADAM, RYAN (2017) PEMAKNAAN MASKULINITAS GLOBAL PADA IKLAN TELEVISI KOMERSIAL (TVC) (Analisis Semiotik Iklan Produk Khusus Pria: Rokok Gudang Garam International versi Bangkok Battle Drift dan versi Monaco Drift). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (838kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
Abstract
Iklan adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk. Diantara iklan yang muncul di media massa, terdapat iklan yang menggunakan ilustrasi imaji maskulinitas. Media secara teoritis dapat mengembangkan imaji tersebut menjadi konsep yang sering tidak disadari oleh khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap representasi dan konsep maskulinitas dalam iklan-iklan produk rokok, serta untuk menggali makna, ideologi dan mitos apa yang ada di balik penggambaran maskulinitas pada kedua iklan tersebut. Analisis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis semiotik dan menggunakan paradigma citical constructionism. Dengan perbandingan karakteristik maskulinitas pada dua iklan, yaitu iklan rokok Gudang Garam International versi Bangkok Battle Drift dan versi Monaco Drift. Penelitian ini menemukan iklan dibuat oleh produsen dengan melanggengkan ideologi patriarki di Indonesia supaya industri tetap berjalan sesuai dengan kepentingan para elit kapitalis. Sehingga iklan bukan sekedar mengemas produk, tetapi juga bagaimana para produsen menggunakan imaji maskulinitas sebagai komoditas bagi produk mereka. Para produsen berusaha memberikan konsep dan masukkan ideologi serta terdapat mitos kepada khalayak, yang akhirnya memperlihatkan sebuah kesadaran palsu.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-17-011 |
Call Number: | 52/CMC/2017/011 |
NIM/NIDN Creators: | 55215110050 |
Uncontrolled Keywords: | Corporate and Marketing Communication, CORCOM |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 02:34 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 02:52 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38626 |
Actions (login required)
View Item |