PENGARUH IKLAN STIKOM-INTERSTUDI DI SURAT KABAR DAN RADIO TERHADAP PERILAKU MEMILIH PERGURUAN TINGGI (Survey pada Mahasiswa STIKOM-Interstudi Jakarta)

Nuh, Mohamad (2009) PENGARUH IKLAN STIKOM-INTERSTUDI DI SURAT KABAR DAN RADIO TERHADAP PERILAKU MEMILIH PERGURUAN TINGGI (Survey pada Mahasiswa STIKOM-Interstudi Jakarta). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Hal Cover)
WALPAPERTAKE.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (Bab 2)
II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (Bab 3)
tiga.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (Bab 4)
IVnew.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (Bab 5)
V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (Lampiran)
VALIDITAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)

Abstract

The main issue in this research is ”How Stikom Interstudi advertisement placed in newspapers and radio affect the behavior in choosing a university”. This is marked by the enthusiasm of Stikom Interstudi to place advertisement in newspapers and radio amidet the heavy competition among universities, consequenthy a marketing strategy is needed, as an effact to influence the behavior of potential students to choose the right university. The purpose of this research is to assess how Stikom Interstudi advertisement in newspapers and radio can affect influence behavior in choosing the right university. Whilst the communication theory tested in this research is ”uses and gratifications” theory by Elihu Katz. The method used in this research is survey method with a research population consisted of Stikom Interstudi students batch 2007 in Jakarta. The technic used in collecting samples is according to persentage technic of 50% of the population. While the data analysis is done quantitively with regression analysis testing. The survey result shows that advertisement in newspapers affact on behavior in choosing is 0,150 and the affect of advertisement on radio towards choosing behavior is 0,184. The three variables which are advertisement in newspaper, radio and behavior of choosing, has a significant affect which means that the test result in general shows that Stikom Interstudi advertisement is proven to be effective in influencing the behavior of choosing a university. Latar belakang masalah penelitian ini adalah “Seberapa besar iklan Stikom Interstudi di surat kabar dan radio dapat mempengaruhi perilaku memilih perguruan tinggi” Hal ini ditandai dengan gencarnya pemasangan iklan Stikom Interstudi di media surat kabar dan radio ditengah persaingan yang ketat antar perguruan tinggi, sehingga diperlukan suatu strategi pemasaran, sebagai upaya untuk mempengaruhi perilaku calon mahasiswa dalam sebuah proses keputusan memilih perguruan tinggi yang akan dimasuki. Tujuan dilakukannya penelitian ini, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklan Stikom Interstudi di surat kabar dapat mempengaruhi perilaku memilih perguruan tinggi serta untuk mengetahui pengaruh iklan Stikom Interstudi di radio terhadap perilaku memilih perguruan tinggi. Sedangkan teori atau model komunikasi yang di uji dalam penelitian adalah teori uses and gratifications dari Elihu Katz. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode survey, dengan populasi penelitian adalah mahasiswa Stikom Interstudi angkatan tahun 2007 di Jakarta. Teknik pengambilan sampel ditetapkan dengan teknik persentase sebesar 50% dari populasi. Sedangkan analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan analisis regresi kemudian dilanjutkan pengujian analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan di surat kabar berpengaruh terhadap perilaku memilih sebesar 0,150 dan pengaruh iklan di radio terhadap perilaku memilih sebesar 0,184. Ketiga variabel yaitu iklan di surat kabar, radio dan perilaku memilih, memiliki pengaruh yang signifikan serta model hubungan yang terbentuk pada model cukup baik. artinya hasil pengujian meninjukkan secara keseluruhan iklan STIKOM Interstudi terbukti berpengaruh terhadap perilaku memilih perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-09-017
Call Number: TK/10/032
NIM/NIDN Creators: 55206120054
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Iklana, Radio,Perguruan Tinggi, CORCOM, Korporate Komunikasi dan Komunikasi Pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 24 Mar 2011 15:29
Last Modified: 21 Jul 2022 03:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38261

Actions (login required)

View Item View Item