HUBUNGAN ANTARA KARAKTER DAN ADAPTASI DIRI ANAK SMA LB TUNARUNGU DI SEKOLAH

SEJATI, WAHYU SUKMA (2010) HUBUNGAN ANTARA KARAKTER DAN ADAPTASI DIRI ANAK SMA LB TUNARUNGU DI SEKOLAH. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER..pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK..pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (BAB II)
12. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (BAB III)
13. BAB III METODA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN edit.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (BAB V)
15. BAB V KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)

Abstract

Anak tunarungu adalah seseorang yang mengalami gangguan pada organ pendengarannya, sehingga anak tunarungu akan mengalami masalah dalam berkomunikasi jika dibandingkan dengan anak dengar (normal). Oleh karena itu ketunarunguan akan berpengaruh pada karakter anak penyandang tunarungu tersebut. Untuk memperoleh pendidikan di sekolah, tentunya penyandang tunarungu memerlukan adaptasi tersendiri di lingkungan sekolahnya. Oleh karena itu perumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana karakter dan hubungannya dengan adaptasi diri anak tunarungu (siswa SMALB.B) di sekolah. Terkait dengan rumusan masalah, maka maksud dan tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui karakter anak tunarungu, dan kaitannya dengan adaptasi diri atau penyesuaian diri mereka dalam aktivitas sosial sehari-hari khususnya di lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan korelasional antara karakter dan adaptasi diri siswa SMALB.B di sekolah. Dimana semua siswa SMALB.B dari kelas I – III dijadikan responden (populasi) yang berjumlah 46 orang. Metoda pengumpulan data menggunakan skala psikologis karakter dan adaptasi diri yang diperoleh melalui kuisioner, Untuk menguji hipotesa digunakan uji independensi, dan untuk mendapatkan hubungan karakter dan adaptasi diri, data di analisa melalui uji korelasi regresi non linier. Hasil analisa melalui uji independensi, menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara karakter siswa SMALB.B dengan adaptasi diri di sekolah. Berdasarkan uji korelasi terhadap karakter dan adaptasi diri di sekolah, secara umum korelasinya masuk katagori “agak rendah” dimana r = 0.598. Rendahnya koefisien korelasi antara karakter dengan adaptasi siswa SMALB.B Pangudi Luhur di sekolah, erat kaitannya dengan keberhasilan sistim pendidikan dan pengajaran yang diterapkan di Sekolah Luar Biasa tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 10 006
Call Number: SP/61/10/006
NIM/NIDN Creators: 46106020011
Uncontrolled Keywords: Karakter
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 20 Jan 2011 14:36
Last Modified: 27 Nov 2025 07:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37897

Actions (login required)

View Item View Item