STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI PT. FMC TECHNOLOGIES DI JAKARTA

SUSIANA, ERMI (2011) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI PT. FMC TECHNOLOGIES DI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)

Abstract

Publik Relations mempunyai peran yang penting di dalam suatu perusahaan. Selain sebagai komunikator atau penghubung PR juga harus dapat menciptakan citra positif bagi perusahaan dimata masyarakat. Dalam mengembangkan hubungan baik dan membentuk citra yang positif perusahaan di mata masyarakat maka perusahaan membuat program-program bagi stakeholderstakeholder tersebut melalui pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR). Program ini ditujukan pada stakeholder eksternal. Konsep dan teori yang mendukung penelitian ini adalah Komunikasi, Public Relations, Corporate Social Responsibility dan Strategy PR. Adapun Strategi Public Relations yang dikemukakan oleh Scott M. Cutilip & Allen H.itu sendiri mengacu kepada empat tahapan dalam melaksanakan program kerja kehumasan, yaitu; Penelitian dan Mendengarkan, Perencanaan dan mengambil keputusan, Mengkomunikasikan dan pelaksanaan, dan Mengevaluasi. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Teknik analisa datanya, penulis menggunakan teknik analisa kualitatif dan untuk teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap informan. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan menganalisa data primer dan sekunder, dapat diketahui bahwa pada proses penelitian komite melakukan survey untuk mengumpulkan informasi mengenai sikap dan reaksi masyarakat terhadap program CSR, pada proses perencanaan komite mulai menetapkan tujuan acara, sasaran/target, konsep acara, hingga tempat pelaksanaannya,pada proses pengkomunikasian mereka melakukan tahap sosialisasi kepada karyawan dan masyarakat dan untuk proses evaluasi komite mempunyai dua tahap pengevaluasian, yaitu evaluasi pertama saat program sedang berjalan dan evaluasi terakhir adalah secara keseluruhan saat acara telah selesai. Kesimpulannya adalah empat tahapan proses perencanaan program kerja menurut Scott M. Cutlip & Allen H. Center telah dijalankan oleh komite CSR dalam pelaksanaan program CSR.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 11 064
Call Number: SK/42/11/028
NIM/NIDN Creators: 44207120066
Uncontrolled Keywords: Strategi public relations
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 15 Apr 2011 15:50
Last Modified: 28 May 2025 07:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37849

Actions (login required)

View Item View Item