YULINDA, KIKI SRI (2011) RATING DAN KREATIFITAS PROGRAM MUSIK DI TELEVISI (STUDI KASUS PADA PROGRAM MUSIK DAHSYAT DAN INBOX). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstraksi.pdf Download (13kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Program musik merupakan sebuah program tangga lagu, video klip serta interaksi baik pengisi acara maupun audiens. Program musik saat ini salah satu program yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Dengan begitu rating yang diperoleh tinggi sehingga banyak pengiklan yang akan memasang iklan untuk program tersebut Namun sayangnya dengan kemunculan sebuah program yang dapat menarik perhatian khalayak banyak, sehingga menaikkan rating stasiun televisi tersebut maka stasiun televisi lain akan beramai-ramai membuat program yang serupa dengan konten yang hampir sama. Pada penelitian ini, peneliti ingin melihat fenomena pada acara Dahsyat dan Inbox yang memiliki keseragaman konten mulai dari format acara, pengisi acara, kreatifitas, serta waktu penayangan yang hampir berdekatan. Rumusan masalahnya adalah bagaimana rating menjadikan kreatifitas yang seragam pada tayangan musik di televisi?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana rating mempengaruhi proses kreatif pada program musik Dahsyat dan Inbox. Tipe penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian dengan Studi kasus (case study) dengan wawancara mendalam dengan tiga orang key informan yaitu eksekutif produser Inbox, produser dan tim kreatif Dahsyat. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi agar dapat memenuhi keabsahan data yang diteliti. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan hasil observasi serta wawancara adalah tayangan Dahsyat dan Inbox memiliki keseragaman isi mulai format acara, pengisi acara, dan lain-lain yang dipengaruhi oleh rating. Kesimpulannya adalah kreatifitas tidak menentukan rating melainkan rating yang akhirnya menentukan suatu acara layak tayang atau tidak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 11 074 |
NIM/NIDN Creators: | 44107010036 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 12 Jan 2016 14:35 |
Last Modified: | 19 Jul 2025 04:39 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/34192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |