PENGARUH PEMBERITAAN SELEBRITIS GADING DAN GISEL DI TRIBUNNEWS.COM TERHADAP SIKAP KHALAYAK ( Survey pada Masyarakat Pedongkelan Kapuk RT 01 RW 15 Jakarta Barat )

NUCLEA, AJENG (2017) PENGARUH PEMBERITAAN SELEBRITIS GADING DAN GISEL DI TRIBUNNEWS.COM TERHADAP SIKAP KHALAYAK ( Survey pada Masyarakat Pedongkelan Kapuk RT 01 RW 15 Jakarta Barat ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1.cover.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 . ABSTRAKS .pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (BAB III)
5..BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB IV)
6..BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB V)
7..BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)

Abstract

Pengaruh media terhadap khalayak menjadi salah satu hal yang penting, terutama pada media online. Media online yang kini semakin populer dikalangan masyarakat Indonesia. Kemudahan akses dan ke up-date an berita menjadi pilihan masyarakat dibanding media cetak, namun kecepatan akses media online tersebut seringkali dapat diragukan kebenarannya. Dari sekian banyak media online di Indonesia, salah satu media online Tribunnews.com akhir-akhir ini banyak menjadi sorotan publik. Satu contoh kasus yang terjadi pada media online Tribunnews.com adalah pada pemberitaan selebritis Indonesia yaitu Gading dan Gisel. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah sikap, dimana peneliti melihat melalui struktur sikap terdiri atas komponen yang saling menunjang yaitu komponen kognitif (cognitive) dan komponen afektif (affective) guna mendapatkan response. Menurut Louis Thurstone (1928), Renkis Likert (1932), dan Charles Osgood, sikap adalah suatu bentuk evaluasi atau reaksi perasaan. Tipe penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survey. Pengumpulan data dilakukan melaui penyebaran kuesioner kepada 72 responden yang diambil menggunaka teknik purposive sampling kepada masyarakat pendongkelan kapuk rt 01 rw 15 Jakarta Barat dengan populasi sebanyak 717 orang. Hasil analisa regresi linier sederhana dengan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan adanya hubungan yang lemah yaitu sebesar 15,6% sikap khalayak dipengaruhi pemberitaan selebritis Gading dan Gisel. Sedangkan hasil uji analisis koefisien korelasi antar variabel pun rendah yakni 0,395. Lalu hasil uji hipotesis menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya variabel pemberitaan selebritis Gading dan Gisel mempengaruhi sikap khalayak. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang nyata (signifikan) antara pemberitaan selebritis Gading dan Gisel terhadap sikap khalayak. lib.mercubuana.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 17 078
NIM/NIDN Creators: 44113010263
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PEMBERITAAN SELEBRITIS
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.4 Journalism/Jurnalisme, Jurnalistik, Pers > 070.43 Reporting and News Gathering/Liputan Berita, Laporan dan Pengumpulan Berita
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 May 2017 14:53
Last Modified: 21 Mar 2024 06:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/33954

Actions (login required)

View Item View Item