NUCLEA, AJENG (2017) PENGARUH PEMBERITAAN SELEBRITIS GADING DAN GISEL DI TRIBUNNEWS.COM TERHADAP SIKAP KHALAYAK ( Survey pada Masyarakat Pedongkelan Kapuk RT 01 RW 15 Jakarta Barat ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1.cover.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2 . ABSTRAKS .pdf Download (105kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text (BAB III)
5..BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
||
Text (BAB IV)
6..BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
||
Text (BAB V)
7..BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
Abstract
Pengaruh media terhadap khalayak menjadi salah satu hal yang penting, terutama pada media online. Media online yang kini semakin populer dikalangan masyarakat Indonesia. Kemudahan akses dan ke up-date an berita menjadi pilihan masyarakat dibanding media cetak, namun kecepatan akses media online tersebut seringkali dapat diragukan kebenarannya. Dari sekian banyak media online di Indonesia, salah satu media online Tribunnews.com akhir-akhir ini banyak menjadi sorotan publik. Satu contoh kasus yang terjadi pada media online Tribunnews.com adalah pada pemberitaan selebritis Indonesia yaitu Gading dan Gisel. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah sikap, dimana peneliti melihat melalui struktur sikap terdiri atas komponen yang saling menunjang yaitu komponen kognitif (cognitive) dan komponen afektif (affective) guna mendapatkan response. Menurut Louis Thurstone (1928), Renkis Likert (1932), dan Charles Osgood, sikap adalah suatu bentuk evaluasi atau reaksi perasaan. Tipe penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survey. Pengumpulan data dilakukan melaui penyebaran kuesioner kepada 72 responden yang diambil menggunaka teknik purposive sampling kepada masyarakat pendongkelan kapuk rt 01 rw 15 Jakarta Barat dengan populasi sebanyak 717 orang. Hasil analisa regresi linier sederhana dengan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan adanya hubungan yang lemah yaitu sebesar 15,6% sikap khalayak dipengaruhi pemberitaan selebritis Gading dan Gisel. Sedangkan hasil uji analisis koefisien korelasi antar variabel pun rendah yakni 0,395. Lalu hasil uji hipotesis menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya variabel pemberitaan selebritis Gading dan Gisel mempengaruhi sikap khalayak. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang nyata (signifikan) antara pemberitaan selebritis Gading dan Gisel terhadap sikap khalayak. lib.mercubuana.
Actions (login required)
View Item |