YAMAN, PUTRI (2017) EFEK KOGNITIF DAN AFEKTIF PROGRAM LAPTOP SI UNYIL TRANS 7 PADA SISWA SISWI SMP NEGERI 201 CENGKARENG JAKARTA BARAT (PERIODE DESEMBER 2016). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf Download (30kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
||
Text (BAB II)
04.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
||
Text (BAB III)
05.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
||
Text (BAB IV)
06.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
||
Text (BAB V)
07.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tayangan di televisi merupakan komoditas premier yang dibutuhkan orang berkaitan dengan semakin maju dan berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi di Indonesia. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan peran media massa dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat atas informasi tersebut dirasakan dengan semakin banyaknya efek yang di timbul oleh televisi baik positif maupun negatif. Dalam tayangan Laptop Si Unyil di TRANS7 adalah sebuah program anak-anak yang memberikan informasi mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi serta membahas juga mengenai permainan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Teori yang digunakan ialah S-O-R (Stimulus-Organisme-Respon) teori ini merupakan teori untuk komunikasi massa yang dimana melihat pengaruh atau efek yang terjadi pada pihak penerima, pada dasarnya merupakan suatu reaksi tertentu dari stimulus (rangsangan) tertentu. Dengan demikian, besar kecilnya pengaruh atau efek serta dalam bentuk apa pengaruh atau efek tersebut terjadi tergantung pada isi dan penyajian stimulus yang nantinya akan menimbulkan pendapat dari pihak penerima Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dan memakai kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 201 Cengkareng Jakarta Barat sebanyak 769 orang. 88 orang dijadikan sampel dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik penarikan sampel adalah Purposive Sample. Hasil penelitian efek kognitif dan afektif memiliki pengetahuan sangat tinggi sebanyak 48 responden atau 54,5% dan efek afektif memiliki sikap sangat positif sebanyak 51 responden atau 58%. Akumulasi Efek Kognitif dan Afektif Program Laptop Si Unyil di TRANS7 pada Siswa-siswi SMP Negeri 201 Cengkareng Jakarta Barat menunjukkan siswa siswi dalam kategori Pengetahuan dan sikap Sangat Tinggi/Positif.
Actions (login required)
View Item |