STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI POLITIK YANG DILAKUKAN O3 MEDIA (OUT OF ORDINARY) CREATIVE ADVERTISING AGENCY DALAM PEMENANGAN KANDIDAT YUSRIL IHZA MAHENDRA PADA PRA-PEMILIHAN KEPALA DAERAH DKI (DAERAH KHUSUS IBUKOTA) JAKARTA RAYA FEBRUARI 2017

HERDIAN, ROZI (2017) STRATEGI MARKETING KOMUNIKASI POLITIK YANG DILAKUKAN O3 MEDIA (OUT OF ORDINARY) CREATIVE ADVERTISING AGENCY DALAM PEMENANGAN KANDIDAT YUSRIL IHZA MAHENDRA PADA PRA-PEMILIHAN KEPALA DAERAH DKI (DAERAH KHUSUS IBUKOTA) JAKARTA RAYA FEBRUARI 2017. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstract.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)

Abstract

Strategi marketing komunikasi politik adalah hal yang esensial dalam usaha pemenangan kandidat dalam kompetisi politik yang sangat dinamis. Sebagai konsultan politik, O3 Media memegang peran strategis dalam menyusun strategi marketing komunikasi politik kandidat Yusril Ihza Mahendra dalam pencalonan dirinya dalam masa pra pilkada DKI Jakarta 2017 periode maret hingga juni 2016. Proses formulasi strategi dan raison de etre (alasan logis) penentuan strategi yang dilakukan O3 Media merupakan fokus penelitian ini. Tujuan strategi marketing komunikasi politik ini adalah untuk meningkatkan popularitas kandidat dan menjadi tokoh yang disukai serta didukung oleh voters DKI Jakarta. Proses penentuan strategi dalam penelitian ini dapat dijelaskan dengan model teori Newman tentang Political Marketing. Newman menyatakan bahwa marketing campaign is the heart of political marketing karena merupakan marketing tools yang digunakan dalam serangkaian tahapan seperti market (voter) segmentation, candidate positioning, dan strategy formulation and implementation. Paradigma penelitian ini adalah kualitatif deskriptif atau konstruktivisme, dengan metode studi kasus melalui teknik pengumpulan data seperti observasi (pastisipan dan non-partisipan), in depth interview dengan subyek penelitian yaitu Adam Cullen (Managing Director O3 Media) dan Guna Adiluhur (Creative Director), analisis teks pemberitaan di media online dan media sosial-Twiter (digital anlysis 1 Maret-23 Maret 2016), dan data dokumentasi lainnya serta studi literatur. Hasil penelitian ini membahas mengenai analisis voters, analisis kompetitor, analisis kandidat, dan perumusan strategi positioning yang merupakan repositioning bagi kandidat YIM (Yusril Ihza Mahendra) sebagai brand/politisi yang sudah memiliki reputasi dalam market politik. Strategi repositioning ini bersifat ideologis, substil pada tahap awal, menyasar emosional voters berdasarkan proximity ideologis tersebut dan memiliki skema untuk jangka panjang yang dapat dijelaskan dengan triangulation model positioning (image dan policy development) oleh Robert M. Worcester dan Dick Morris dalam menyiasati polarisasi voters.Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi yang didesain oleh O3 Media melalui beberapa tahapan analisis-analisis dan berangkat dari polemik dalam mayoritas voters muslim yang mengarah kepada polarisasi voters. Kandidat Yusril diposisikan sebagai jawaban atau alternatif terhadap polemik tersebut dan sebagai antithesis terhadap strong incumbent Ahok. Strategi dilakukan dengan pendekatan pull marketing, push marketing dan pass marketing.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 17 002
NIM/NIDN Creators: 44311110042
Uncontrolled Keywords: Strategi Marketing Komunikasi Politik, Political Marketing, Political Communication, Political Marketing Communication
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 29 Mar 2017 14:46
Last Modified: 03 May 2024 06:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/33773

Actions (login required)

View Item View Item