INTERPRETASI KHALAYAK PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERHENTI MEROKOK (Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Tayangan Iklan Layanan Masyarakat Berhenti Merokok Versi `Suara Hati Anak` Kementrian Kesehatan RI)

LESTARI, ASTRI YOWANDA DEWI (2017) INTERPRETASI KHALAYAK PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERHENTI MEROKOK (Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Tayangan Iklan Layanan Masyarakat Berhenti Merokok Versi `Suara Hati Anak` Kementrian Kesehatan RI). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)

Abstract

Iklan Layanan Masyarakat berjudul “Suara Hati Anak” yang merupakan output dari Program Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yang diluncurkan dalam memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2016. Iklan layanan masyarakat ini menampilkan sisi berbeda dari bahaya merokok. Sebelumnya banyak iklan layanan masyarakat yang menghadirkan korban rokok, akan tetapi iklan ini berbeda yaitu dengan menampilkan dampak sosial dari merokok. Dan bagaimana dampak merokok ini bagi anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa. Audiens iklan layanan masyarakat ini datang dari berbagai kalangan, anak-anak, remaja dan dewasa. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba untuk mengetahui bagaimana audiens menginterpretasikan tayangan iklan layanan masyarakat berhenti merokok versi “Suara Hati Anak”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode analisis resepsi. Analisis resepsi memandang audiens sebagai producer of meaning yang aktif menciptakan makna, bukan hanya sebagai konsumen dari isi media. Audiens memaknai dan menginterpretasi teks media sesuai dengan kondisi sosial-budaya mereka dan juga dipengaruhi oleh pengalaman pribadinya masing-masing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara mandalam kepada informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan resepsi antara informan satu dengan yang lainnya dalam memaknai iklan layanan masyarakat “Suara Hati Anak”. yakni dominant hegemonik, negotiated dan opposition. Perbedaan posisi pembacaan ini dimungkinkan karena diantara mereka yang dipengaruhi pengetahuan, pengalaman, tingkat pendidikan, latar belakang perokok/bukan perokok, dan kondisi sosial budaya masing-masing dari informan yang selanjutnya berdampak pada perbedaan nilai-nilai yang mereka anut. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti berkesimpulan bahwa aspek-aspek yang disajikan dalam penelitian tidak sepenuhnya berupa kesetujuan ataupun ketidaksetujuan pendapat informan. Informan memiliki argumen yang berbeda-beda dalam setiap aspek pertanyaan yang disampaikan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 17 027
NIM/NIDN Creators: 44312120060
Uncontrolled Keywords: IKLAN, IKLAN LAYANAN MASYARAKAT, IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERHENTI MEROKOK, Suara Hati Anak, Kementrian Kesehatan RI
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 350 Public Administration and Military Science/Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 353 Specific Field of Public Administration/Administrasi Negara yang Membawahi Bidang Khusus, Departemen > 353.6 Administration of Health Services/Departemen Kesehatan (Depkes)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 14 Feb 2017 14:28
Last Modified: 06 May 2024 03:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/32767

Actions (login required)

View Item View Item