FADILLAH, ARIEF (2008) MEMBANGUN LOYALITAS MAHASISWA MELALUI PEMENUHAN HARAPAN, KEMITRAAN, PERBAIKAN KUALITAS, DAN PELAYANAN PERSONIL (IMPLEMENTASI PEMASARAN RELASIONAL DALAM UPAYA PENINGKATAN LOYALITAS KONSUMEN). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
COVER.doc.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.doc.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PERNYATAAN DAN PENGESAHAN.doc.pdf Download (63kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
BAB I.doc.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
||
Text (Bab 2)
BAB II.doc.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
Text (Bab 3)
BAB III.doc.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
||
Text (Bab 4)
BAB IV.doc.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
Text (Bab 5)
BAB V.doc.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
||
Text (Bab 6)
BAB VI.doc.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.doc.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
Abstract
Marketing reality for product or services isn’t only seen through functional aspect but also emotional aspects by user of them. In order to touch the demanded aims. Campus must have sensitivity and ability in sociologically and psychologically. All aspects must be touched since the campus designs and manages relationship marketing as instrument to build student’s loyalty integratedly. This study in campus IP is a survey to discover how big the influence of exepectation fulfillment, partnership condition, quality improvement and personal service is to develop student’s loyalty at random sampling method is taken in 140 respondents from all population of 512 students. Analysis Method is through validity research and reliability as beginning test of questionnaire. The data taken is calculated though data processing SPSS Ver. 16.0 to find out the influence of each variable partially and simultaneously though correlation data test and regretion. The survey result shows that the students hope fulfillment, partnership condition, and personal service by campus is classified good. As well as the level of loyalty shown by the students in good category. Futhermore, the influence of those four variable in developing student’s loyalty is 82,20% with residual variable 17,80% in accountability 95%. From data processing result the biggest influence to costumer loyalty are building partnership condition 13,014 points and quality improvement 9,699 points and personal service 5,772 points and the last one is student’s hope fulfillment 2,725 points. 4 ABSTRAK Fenomena memasarkan produk atau jasa tidak lagi dilihat dari aspek fungsionalnya, tapi juga harus menyentuh pada aspek-aspek emosional dari sisi si pengguna produk atau jasa tertentu. Jelas untuk menyentuh aspek kebutuhan sasaran, pihak kampus Insan Pembangunan harus memiliki kepekaan dan kemampuan komunikasi sesuai selera pasar, baik secara ekonomis, sosiologis, maupun secara psikologis. Keseluruhan aspek tersebut sebisa mungkin dapat tersentuh dimulai pada saat pihak kampus merancang dan mengelola pemasaran relasional sebagai sarana membangun loyalitas mahasiswa secara terintegrasi. Penelitian pada Kampus Insan Pembangunan ini adalah survey untuk mencoba mengungkapkan seberapa besar pengaruh pemenuhan harapan mahasiswa, kondisi kemitraan, upaya perbaikan kualitas, dan pelayanan personil dalam membangun loyalitas mahasiswa. Penarikan sampel dengan metode sampel acak sederhana dengan sampel sebanyak 140 responden dari jumlah populasi sebanyak 512 mahasiswa. Metode analisis data melalui pengujian validitas dan reliabilitas sebagai pengujian awal alat ukur/kuesioner. Data yang diperoleh diolah melalui pengolahan data SPSS ver.16,0 untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel secara parsial dan simultan, melalui uji data korelasi dan regresi. Hasil survey menunjukkan pelaksanaan pemenuhan harapan mahasiswa, kondisi kemitraan, upaya perbaikan kualitas, dan pelayanan personil, oleh institusi tergolong dalam kategori baik, begitu pula tingkat loyalitas yang diperlihatkan oleh mahasiswa termasuk dalam kategori baik. Selanjutnya besarnya kekuatan pengaruh dari keempat variabel dalam membangun loyalitas mahasiswa sebesar 82,20% dengan variabel residual sebesar 17,80% pada tingkat kepercayaan 95%. Dari hasil pengolahan data untuk melihat besarnya pengaruh yang secara langsung memberikan pengaruh yang paling besar terhadap loyalitas konsumen yaitu dimensi Membangun Kondisi Kemitraan sebesar 13,014 satuan,kemudian dimensi Upaya Perbaikan Kualitas sebesar 9,699 satuan, kemudian dimensi Pelayanan Personil sebesar 5,772 satuan, dan yang terakhir dimensi Pemenuhan Harapan Mahasiswa sebesar 2,725 satuan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-551-08-011 |
Call Number: | TE/09/078 |
NIM/NIDN Creators: | 55105120011 |
Uncontrolled Keywords: | PEMASARAN, MPS, Manajemen Pemasaran |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 05 Aug 2009 11:08 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 03:13 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27300 |
Actions (login required)
View Item |