TINJAUAN KEPUASAN KONSUMEN DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PT WOM FINANCE TBK

Purba, Ris Orita (2009) TINJAUAN KEPUASAN KONSUMEN DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PT WOM FINANCE TBK. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
PENGESAHAN KARYA AKHIR.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
PERNYATAAN.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
Kata Pengantar.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
Daftar Isi Final.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Tabel)
Daftar Tabel.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
Daftar Gambar.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Lampiran)
Daftar Lampiran.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 - 6)
Tesis- VI.pdf

Download (693kB) | Preview

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu perusahaan dalam mempertahankan eksistensinya di pasar mengingat semakin tingginya tingkat persaingan. Dengan memperhatikan aspek ini diharapkan perusahaan akan dapat mendorong pelanggan menjadi semakin loyal yang pada gilirannya akan meningkatkan profitabilitas. Kepuasan pelanggan pada akhirnya memberikan pengaruh terhadap persepsi reputasi perusahaan dan selanjutnya dengan meningkatnya reputasi ini akan meningkatkan pula loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : 1) untuk memaparkan kepuasan konsumen, reputasi perusahaan, dan loyalitas konsumen PT. WOM Finance Tbk. 2) untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen pada PT. WOM Finance Tbk. 3) untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh reputasi perusahaan terhadap loyalitas konsumen pada PT. WOM Finance Tbk. 4) untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh kepuasan konsumen dan reputasi perusahaan secara bersama-sama dalam membentuk loyalitas konsumen pada PT. WOM Finance Tbk. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survey wawancara langsung kepada 160 konsumen yang diambil sebagai responden dalam penelitian ini dan wawancara dilakukan dengan panduan kuesioner. Untuk menggali informasi, metode analisis yang digunakan meliputi : analisis deskriptif untuk mengetahui karakteristik responden dan untuk mengetahui nilai rata-rata, deviasi standar, maksimum, minimum, dan Chi-Square; analisis regresi untuk mengetahui pengaruh variabel kepuasan konsumen dengan reputasi perusahaan terhadap loyalitas konsumen, analisis ini diuji dengan asumsi klasik yakni uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikollinearitas, uji auto korelasi, uji t dan uji F anova. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan diantara segmen sosio demografi dalam menilai Kepuasan Konsumen, Reputasi Perusahaan dan Loyalitas Konsumen. Konsumen yang didominasi oleh laki-laki dan rentang usia antara 26 sampai 35 tahun serta jangka waktu kredit paling banyak adalah 35 bulan dimana 72% dari responden belum pernah mengambil ulang kredit motor di PT. WOM Finance Tbk. Temuan lainnya adalah bahwa Faktor Reputasi Perusahaan memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap Loyalitas Konsumen bila dibandingkan dengan pengaruh Kepuasan Konsumen. Sehingga diharapkan perusahaan dapat melakukan pembenahan kinerja dengan pembentukan image atau reputasi yang baik dan mempertahankan hubungan dengan konsumen yaitu dengan lebih peduli terhadap setiap kebutuhan konsumen karena bagaimanapun reputasi/image terhadap loyalitas konsumen masih kurang bila kepuasan konsumen yang dirasakan masih kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-09-062
Call Number: TM/10/047
NIM/NIDN Creators: 55106120161
Uncontrolled Keywords: PRILAKU KONSUMEN, mps, manajemen pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Feb 2010 11:23
Last Modified: 13 Jul 2022 06:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26811

Actions (login required)

View Item View Item