STRATEGI HUMAS DEPARTEMEN AGAMA DALAM MENGKAMPANYEKAN PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN CALON JEMAAH HAJI PERIODE 2009-2010

SOFYANTI, NISRIN (2010) STRATEGI HUMAS DEPARTEMEN AGAMA DALAM MENGKAMPANYEKAN PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN CALON JEMAAH HAJI PERIODE 2009-2010. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
NISRIN SOFYANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)

Abstract

Strategi ini mengacu kepada suatu cara untuk dapat mempersuasi khalayak, sehingga dapat dipastikan terjadi pengertian dan penerimaan yang baik dari khalayak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa startegi tersebut bisa memenuhi kebutuhan tujuan yang hendak dicapai oleh pemberi pesan. Strategi humas adalah jangka panjang yang diikuti oleh tindakan-tindakan yang ditujukan untuk mencapai tujuan tertentu, yaitu mencapai kemenangan. Kampanye adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan secara terlembaga. Kampanye Public Relations dalam arti sempit bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan khalayak sasaran untu merebut perhatian serta menumbuhkan persepsi atu opini yang positif terhadap suatu kegiatan dari suatu lembaga atau organisasi. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan gambaran dari metode studi kasus yaitu uraian dan penjelasan komprehensif mengenai berbagai aspek. Hasilnya mengenai strategi humas departemen agama dalam mengkampanyekan penyelenggaraan ibadah haji untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman calon jemaah haji periode 2009-2010. Strategi yang menggunakan metode Ronald Smith yang menjelaskan : 1. Fase Formative Research Step 1 : Analisa Situasi. Step 2 : Analisa Organisasi. Step 3 : Analisa Publik 2. Fase Strategi Step 4 : Menetapkan Tujuan dan Positioning serta Sasaran Step 5 : Memformulasikan Proactive dan Respon Strategi Step 6 : Menggunakan Komunikasi Efektif 3. Fase Taktik Step 7 : Pemilihan Taktik Komunikasi Step 8 : Pelaksanaan Strategi Perencanaan 4. Fase Penelitian Evaluasi Step 9 : Evaluasi Humas departemen agama telah menerapkan strategi public relations dengan 4 fase yang terdiri dari 9 step dalam mengkampanyekan penyelenggaraan ibadah haji untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman calon jemaah haji. Mengharapkan untuk penelitian lanjutan, peneliti lainnya dapat menggunakan pendekatan penelitian yang berbeda agar untuk melihat perbandingan pembuatan dan perencanaan strategi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 041
Call Number: SK/42/10/023
NIM/NIDN Creators: 04203-034
Uncontrolled Keywords: STRATEGI HUMAS
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Mar 2010 16:16
Last Modified: 20 May 2024 02:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24603

Actions (login required)

View Item View Item